Pakaian Adat Bali Pria Ke Pura

Pakaian Adat Bali Pria Ke Pura

Udeng ikat kepala atau penutup kepala pada baju tradisional bali. Saput kampuh kain penutup bagian bawah yang dipakai setelah kamen dipakai.

Pakaian Adat Bali Dan Nilai Filosofi

Kostum untuk pria lebih kompleks dari pada kostum bali untuk wanita dan sering ditunjukkan yang terkandung dalam pakaian tradisional ini diantaranya adalah sebgai berikut.

Pakaian adat bali pria ke pura. Pakaian adat bali untuk pria pada acara tertentu seperti pernikahan juga dilengkapi dengan aksesoris lain seperti keris kemeja jas dan alas kaki tertentu. Tentunya saya juga ikut ke pura untuk bersembahyang. Pembahasan singkat diatas nah gaes kami juga akan menyampaikan macam aksesori adat bali untuk pria yang memiliki arti tersendiri.

Biasanya masyarakat bali menggunakan payas alit untuk beribadah ke pura. Seperti biasanya jika ke pura saya harus menggunakan pakaian adat bali yang terdiri dari kebaya kamen dan selendang untuk para wanita. Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa banyak sekali jenis pakaian adat di bali.

Pakaian adat bali wanita sama dengan pakaian adat bali pria pakaian adat bali wanita juga sarat dengan nilai nilai filosofis keagamaan pakaian tersebut terdiri atas beberapa aksesoris yaitu kebaya kamen senteng atau selendang bulang pasang sanggul dan bunga sebagai penghias rambut. Mayoritas penduduk bali adalah agama hindu tentunya juga memiliki pakaian tradisional adat bali untuk keperluan ke pura atau bersembahyang baik itu pakaian adat untuk pria maupun wanita untuk busana pria ke pura ciri khasnya adalah identik dengan warna udeng ikat kepala dan baju berwarna putih kemudian bawahan memakai kamben kain dan kampuh. Pakaian bali jenis ini punya sebuah ciri khas yaitu atasannya yang wajib warna putih.

Pakaian adat bali untuk pria. Nah pada bab ini akan kami jelaskan lebih dalam lagi mengenai pakaian adat bali terutama untuk laki laki. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu tentang nama pakaian adat bali yang biasa dipakai oleh pria.

Aksesori pakaian adat bali untuk pria. Pakaian adat bali memiliki filosofi yang berasal dari ajaran sang hyang widhi yang merupakan dewa yang diyakini dapat memberikan kegembiraan kedamaian serta keteduhan hati bagi umat. Sewaktu liburan kuliah kemarin kebetulan ada upacara adat di salah satu pura di desa.

Warna putih dipilih agar suasananya jadi lebih sakral karena putih melambangkan kesucian. Kesopanan dalam berpakaian ke pura diatur pula dalam tata tertib masuk ke pura seperti yang telah diputuskan dalam seminar di amlapura tahun 1975 di mana dinyatakan bahwa pakaian ke pura adalah yang sopan rapi bersih dan tidak menonjolkan bagian bagian tubuh yang dapat merangsang serta dandanan yang sederhana dalam artian tidak menggunakan. Cara memakainya adalah dengan cara saput diikatkan pada pinggang secara melingkar berlawanan arah jarum jam.

Sedangkan untuk para pria mengenakan baju sapari kamen dan udeng. Saat menggunakan pakaian adat bali biasanya pria memakai kemben. Dan sebagaimana disebutkan di atas pakaian adat bali untuk pria terdiri dari beberapa bagian dari mulai atas kepala dan ke bawahnya.

Biasanya ada yang sering digunakan untuk acara keagamaan pernikahan dan juga beberapa aktivitas sehari hari lainnya.

5 Nama Pakaian Adat Bali Untuk Pria Dan Wanita

Makna Pakaian Adat Bali Yang Harus Kamu Tahu Reddoorz Blog

10 Potret Raffi Nagita Slavina Dengan Pakaian Adat Bali Yang Menawan

Makna Busana Adat Bali Kepura Badan Dharma Dana Nasional

C403d Pakaian Adat Bali

11 Pakaian Adat Bali Jenis Nama Filosofi Ciri Identitas Budaya

Pakaian Adat Bali Sejauh Mana Kita Beradab Urvasu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *