Pakaian Adat Bangka Belitung Dan Penjelasannya

Provinsi bangka belitung telah disahkan pada 9 februari 2001 dan terdiri dari 470 pulau pulau dengan 2 pulau besar yang terkenal dengan nama pulau bangka dan belitung. Berdasarkan kepercayaan dan keterangan banyak orang tua asli penduduk bangka belitung pakaian adat tersebut awalnya dibawa oleh saudagar arab yang menikah dengan gadis cina di sekitar kota mentok.

Pakaian Adat Bangka Belitung Ulasan Lengkap Nama Gambar Dan Penjelasannya Ragam Indonesia

Pakaian adat bangka belitung kepulauan bangka belitung merupakan sebuah provinsi yang terletak di selat malaka.

Pakaian adat bangka belitung dan penjelasannya. Pakaian adat bangka belitung bernama baju seting dan kain cual berdasarkan kepercayaan dan keterangan banyak orang tua asli penduduk bangka belitung pakaian adat tersebut awalnya dibawa oleh saudagar arab yang menikah dengan gadis cina di sekitar kota mentok. Pakaian adat dengan terbaginya indonesia menjadi 34 provinsi tidak heran bila negara ini memiliki warisan budaya yang begitu besar dan mengagumkan. Bahkan perbedaan ini menjadi kekayaan terbesar bagi negara agraris ini.

Provinsi ini kurang lebih memiliki 2 pulau besar dan 470 pulau kecil. Sebagai pakaian adat khas bangka belitung ternyata baju seting dan kain cual menyimpan sejarahnya tersendiri. Untuk lebih lengkapnya yuk langsung menuju pembahasan di bawah yang juga dilengkapi dengan foto gambar beserta penjelasannya.

Indonesia sudah puluhan tahun berdiri tegak dengan perbedaan suku dan adat di setiap wilayahnya. Salah satu bentuk kebudayaan dari masyarakat bangka belitung adalah pakaian adat seting. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan jika gaya berpakaian mereka juga dipengaruhi oleh gaya melayu.

Menurut sejarahnya pakaian adat bangka belitung adalah hasil perpaduan dari beberapa budaya yaitu arab dan cina. Pada mulanya saudagar arab yang banyak berdagang di kawasan bangka belitung menikah dengan perempuan tionghoa dan mengenalkan pakaian adat untuk pernikahan yang bercorak arab dan tionghoa. Sejarahnya dimulai saat seorang saudagar arab datang ke bangka belitung untuk menyiarkan agama islam sekaligus berdagang.

Sejarah pakaian adat bangka belitung. Pakaian adat bangka belitung adalah jenis pakaian yang umumnya dipakai dalam acara pernikahan di kawasan bangka belitung. Pakaian adat bangka belitung lengkap gambar dan penjelasannya seperti di ketahui bahwa sebagian besar suku bangsa yang mendiami kepulauan bangka belitung beretnis melayu.

Pakaian ini merupakan wujud akulturasi dari kebudayaan arab tionghoa dan melayu. Dimana dibalik pemberian nama provinsi ini diambil dari nama 2 pulau besar yaitu pulau bangka dan belitung. Pakaian adat bangka belitung pakaian adat bangka belitung bernama baju seting dan kain cual.

Pakaian adat bangka belitung bangka belitung merupakan salah satu provinsi di indonesia yang memiliki banyak beberapa pulau. Pakaian adat bangka belitung adalah jenis pakaian adat khas daerah bangka belitung yang memiliki perpaduan kebudayaan arab dan tionghoa. Nama pakaian adat bangka belitung ini akrab disebut baju seting dan kain cual.

Seri Budaya Indonesia Pakaian Adat Bangka Belitung Bobo Id Line Today

Info Terbaru Pakaian Adat Batak Pakpak Dan Penjelasannya Pakaianadatbatakpakpakdanpenjela In 2020 Traditional Outfits Traditional Fashion Traditional Dresses

Pakaian Adat Bangka Belitung Baju Seting Dan Kain Cual Dari Arab Sejarah Negara Com

Pakaian Adat Bangka Belitung Seting Nama Penjelasan Gambar

Pakaian Adat Bangka Belitung Budaya Indonesia Dongeng Kita Youtube

Pin Oleh Arisya Aj Di Baju N Perhiasan Kmk Baju Tari Pakaian Kostum Tari

Sewa Baju Bali Sewa Baju Adat Bali Hubungi Baju Tari Baju Pengantin Kebaya Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *