Pakaian Adat Belanga Kepulauan Riau

Pakaian Adat Belanga Kepulauan Riau

Pakaian adat kepulauan riau lainnya. Pakaian adat riau pakaian adat selalu mempunyai makna serta filosofi yang harus diketahui oleh seluruh warga indonesia pakaian ini terdiri dari beragam jenis.

Pin Di Ebookanak Com

Ada istilah baju cekak musang baju gunting cina dan baju telepuk.

Pakaian adat belanga kepulauan riau. Selain itu kedua pakaian ini memang merupakan pakaian yang sudah umum dikenakan masyarat melayu yang mendiami pulau pulau di provinsi ini sejak masa silam. Bentuk pakaian cekak musang ini mirip dengan pakaian teluk belanga akan tetapi bagian lehernya tegak dan belahan didepan ditutup oleh tiga lima tujuh atau. Pakaian adat ini memiliki 3 buah kancing.

Pakaian adat riau. Dari daftar pakaian adat 34 provinsi di indonesia salah satu yang menarik adalah baju tradisional dari riau. Kebaya labuh dan teluk belanga sengaja dipilih sebagai ikon pakaian adat kepulauan riau karena ada beberapa keunikan dan nilai tambah yang dimilikinya.

Sejarah pakaian adat riau. Untuk nama pakaian adat kepulauan riau saat ini adalah kebaya labuh serta teluk belanga. Sebenarnya masyarakat melayu riau ini memiliki 4 jenis baju adat yang mana masing masing memiliki fungsi yang berbeda.

Pakaian adat kepulauan riau pada tanggal 24 september 2002 pemerintah indonesia membentuk provinsi baru yaitu provinsi kepulauan riau. Pakaian juga bisa menjadi penanda mengenai identitas suatu masyarakat dalam sebuah daerah termasuk pakaian tradisional riau. Selain kebaya labuh dan teluk belanga terdapat beberapa jenis baju kurung dalam kelengkapan busana adat tradisional kepulauan riau.

Teluk belanga adalah pakaian adat kepulauan riau untuk pria yang berwarna polos. Pakaian adat kebaya labuh memiliki bentuk dengan ciri khas yang khusus. Jenis pakaiannya tergantung pada situasi dan juga kondisi si pemakai serta kegiatan yang dilakukan.

Provinsi baru ini merupakan pemekaran dari provinsi riau. Ada juga kain cual anambas serta sejumlah wastra batik dengan motif dan warna khas kepulauan riau. Baju adat kepulauan riau yang disebut dengan baju cekak musang merupakan pakaian adat khas melayu yang dipengaruhi oleh baju gamis yang biasa digunakan oleh masyarakat timur tengah.

Pakaian adalah simbol budaya yang menandai perkembangan akulturasi dan kekhasan budaya. Kebaya labuh dan teluk belanga sengaja dipilih sebagai ikon pakaian adat kepulauan riau karena ada beberapa keunikan dan nilai tambah yang dimilikinya. Nama pakaian adat kepulauan riau sendiri adalah kebaya labuh dan teluk belanga.

Selain itu kedua pakaian ini memang merupakan pakaian yang sudah umum dikenakan masyarat melayu yang mendiami pulau pulau di provinsi ini sejak masa silam. Sejarah baju adat keunikan dan nilai nilainya lengkap. Teluk belanga dipadukan dengan celana panjang yang sewarna dan sarung yang dipakai sebatas lutut yang berfungsi sebagai selendang.

Pakaian adat kepulauan riau kebaya labuh dan teluk belanga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *