Pakaian Adat Belu

Pakaian Adat Belu

Secara adat istiadat dan kebudayaan kabupaten belu merupakan masyarakat adat timor yang hidup dalam empat kelompok suku bangsa dan bahasa. Penduduk kota atambua tercatat sekitar 75 000 jiwa.

Anggunnya Wanita Belu Mengenakan Busana Kain Tenun Media Informasi Pemerintah

Baju adat suku atoni dawan manggarai belu sumba lio rote sabu dll.

Pakaian adat belu. Nah demikianlah beberapa pakaian adat dari suku suku yang mendiami wilayah provinsi ntt. Pakaian sehari hari untuk pria adalah kain tenun putih polos atau bergaris hitam putih tanpa rumbagi. Sejak dahulu ada perbedaan motif untuk pakaian sehari hari dan pakaian pesta antara pria dan wanita.

Atambua merupakan kota terbesar kedua di pulau timor sesudah kupang. Idrus mengaku menyatu dengan masyarakat ntt. Menurut lia pemkab belu telah menetapkan hari khusus untuk mengenakan pakaian adat saat beraktivitas.

Untuk informasi suku dawan ini tinggal di beberapa wilayah di ntt antara lain belu kupang dan timor. Pakaian adat laki laki suku dawan di nusa tenggara timur ntt pada umumnya laki laki dan perempuan suku dawan mengenakan sarung tenung yang dikenakan dibadan. Menurut para sejarahwan pembagian belu menjadi belu bagian selatan dan utara hanyalah merupakan strategi pemerintah jajahan belanda untuk mempermudah sistem pengontrolan terhadap masyarakatnya.

Lia berharap kegiatan show budaya bisa menjadi sebuah gerakan yang dapat menjalin persatuan bagi seluruh masyarakat belu di perbatasan indonesia timor leste. Sementara baju amarasi untuk wanita berupa sarung tenun sebagai bawahan selendang penutup dada kebaya kalung muti salak hiasan kepala berupa tusuk konde dengan 3 buah koin sisir emas dan sepasang gelang kepala ular. Kalau semalam dalam dialog saya telah dikukuhkan sebagai warga ntt hari ini semakin diperkuat dengan memakai pakaian adat belu sangat luar biasa.

Ibukota kabupaten belu adalah atambua. Sedangkan untuk pengantin wanita pakaian adat yang dikenakan dilengkapi dengan berbagai aksesoris. Untuk laki laki sarung tersebut dikenakan sampai pinggang.

Selain itu sebagian dari mereka menggunakan kain tenun sebagai ikat kepala atau diselempangkan dipundak. Sementara pakaian adat kaum wanita sehari hari adalah berupa kebaya pendek dengan bawahan berupa sarung tenun yang dililit dua kali. Tenunan belu terdiri dari dua bagian besar yaitu.

Daftar 9 busana tradisional di nusa tenggara timur. Selanjutnya perwakilan warga memakaikan pakaian adat khas daerah belu serta kelengkapan adat lainnya. Tais futus tenun ikat bersulam dan tais soru kain tenunan.

Dalam pakaian adat sehari hari kaum perempuan sabu tidak mengenakan aksesoris. Dalam keadaan pemerintahan adat tersebut muncullah siaran dari pemerintah raja raja dengan apa yang disebutnya zaman keemasan kerajaan. Pakaian adat wanita.

Pakaian adat yang pertama ini merupakan pakaian adat asli dari suku dawan. Ajakan berbusana daerah pun bukan baru kali ini saja. Nah untuk nama pakaian adat ntt suku dawan ini sendiri dikenal sebagai baju amarasi.

Songket Tradisional Pakaian Pernikahan Kostum Tari Pakaian

Budaya Flobamora Pakaian Adat

Spirit Kebanggaan Belu

Hp Whatsapp 085211711318 Atau 081297046330 Sewa Baju Kebaya Jawa Sewa Baju Jawa Sewa Kebaya Kebaya Kebaya Jawa Fashion

Baju Adat Pengantin Lampung Full Penjelasan Dan Gambar Baju Pengantin Lampung Full Penjelasan Dan Gambar Perhiasan Pengantin Lampung Perhiasan Khas Pengantin Lampung Lampung Indonesia Bahasa Inggris Mudah

Pengantin Melayu Deli Adat Melayu Deli Sewa Baju Melayu Deli Dijakarta Hub Baju Melayu Deli Painting

Baju Adat Aceh Baju Adat Indonesia Pakaian Adat Nusantara Pakaian Adat Indonesia Baju Daerah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *