Pakaian Adat Bima Dompu

Karena sebagian besar suku di ntb beragama islam dengan konsentrasi mencapai 96 11 produk budaya di sana pun banyak mendapat pengaruh kebudayaan islam. Pakaian tersebut berbentuk baju dengan warna hitam dengan bentuk kerah huruf v tanpa lengan dan dihiasi manik manik pada tepian jahitan.

Pin On People

Pakaian adat lambung yaitu pakaian adat ntb yang dikenakan khusus bagi wanita pada waktu menyambut kedatangan tamu dan pada saat upacara adat yang dikenal dengan nama mendakin atau nyongkol.

Pakaian adat bima dompu. Sedangkan untuk bagian bawah tubuh dari pinggang hingga kaki juga mengenakan sarung dimana cara mengenakannya dililitkan seperti biasa kemudian ujungnya diselipkan atau dijepit agar tidak terlepas. Tarian saremba tembe mengingatkan tentang masyarakat bima dan dompu tempo dulu yakni dalam kesahariannya masyarakat bima dan dompu menggunakan tembe nggoli sebagai gaun atau pakaian yaitu rimpu bagi kaum perempuan dan katente dengan saremba bagi kaum laki laki. Bima baru baru ini kota bima di ntb berhasil menorehkan rekor muri untuk penampil pakaian adat rimpu terbanyak.

Pakaian adat rimpu ini sesungguhnya adalah cara berbusana untuk menutup bagian atas tubuh dengan mengenakan kain sarung tenun khas bima dompu atau biasa disebut tembe nggoli oleh masyarakat setempat. Pakaian adat rimpu adalah salah satu jenis pakaian tradisional yang dimiliki. Tradisi rimpu mulai dikenal sejak masuknya islam di bima yang dibawa oleh tokoh tokoh agama dari gowa makassar.

Mereka ini tersebar dalam empat kecamatan yakni huu dompu. Kota bima berhasil memecahkan. Dompu kota bima berhasil memecahkan rekor dunia kategori pakaian adat terbanyak dengan 20 165 peserta.

Pakaian adat ntb adalah satu contoh karya kebudayaan yang senantiasa lestari mewakili identitas tiga kelompok etnis terbesar di sana sasak mbojo dompu dan bima dan sumbawa. Namun pada saat ini baju koko adalah pilihan kedua yang sering digunakan oleh laki laki di suku dompu. Rimpu merupakan pakaian pengganti kerudung bagi wanita muslimah suku mbojo yang mendiami kabupaten bima kota bima dan kabupaten dompu propinsi nusa tenggara barat.

Budaya rimpu telah hidup dan berkembang sejak berdirinya kesultanan bima. Penghargaan serupa ternyata pernah diraih kota dompu. Sejarah suku dompu dompu merupakan suku bangsa yang berdiam di pulau sumbawa dalam wilayah kabupaten dompu provinsi nusa tenggara barat ntb.

Rimpu khas suku mbojo sumber coretanzone id. Pakaian adat untuk laki laki di suku dompu adalah katente tembe yaitu celana pendek dari kain pakaian ini biasa digunakan ketika pergi ke sawah dan ke gunung. Kecamatan dompu yang berpenduduk 59 526 jiwa diperkirakan terdiri dari orang dompu 85 orang mbojo atau bima 5 bugis 3 dan selebihnya ialah orang sasak bali cina arab timor dan lain lain.

Pin Oleh Melladarayanti Di Humor

Pin Oleh Anjar Di Rumah Tangga

Pin Di Amr

Pin Di Daily Chores Daily Reminder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *