Pakaian Adat Dari Daerah Palembang

Meskipun demikian pakaian ini berbeda dengan pakaian adat sumatera selatan lain yang berwarna cerah. Salah satu warisan budaya yang masih ada hingga saat ini adalah pakaian adat palembang.

Pin Oleh Kimrui27 Di Pengantin Pengantin Pernikahan Gaun

Pakaian adat banyuasin menggunakan warna gelap seperti warna hitam yang dipadukan dengan warna keemasan.

Pakaian adat dari daerah palembang. Dari bebepara rumah adat palembang masing masing memiliki nama yang memiliki makna dan fungsi masing masing pula. Selendang yang dipakai biasanya di selempang kan pada bagian bahu. Sama seperti daerah lainnya di indonesia sumatera selatan atau lebih khususnya palembang juga mempunyai pakaian adat istiadatnya sendiri.

Salah satu peninggalan yang melekat hingga saat ini adalah pakaian adat di kota palembang terdapat beberapa pakaian adat. Rumah adat palembang adalah kekayaan khazanah indonesia. Pakaian adat palembang sumatera selatan tradisikita my id jika kita mendengar kata palembang mungkin saja yang terlintas dibenak kita adalah oleh olehnya.

Tidak kalah dengan pakaian adat indonesia dari daerah lainnya baju adat khas banten ini juga terlihat sangat mewah dan elegan. Pakaian adat palembang sendiri memiliki 2 jenis gaya busana yakni aesan gede dan juga aesan pasangko yang biasanya akan dikenakan ketika pernikahan yang akan kami bahas secara lengkap dalam ulasan berikut ini untuk inspirasi dan mengenal lebih jauh tentang baju adat dari indonesia khususnya palembang. Pakaian adat palembang sangat erat berkaitan dengan kejayaan kerajaan sriwijaya dan kesultanan palembang darussalam pada zaman dahulu.

Palembang sebagai salah satu kota yang memiliki nilai budaya yang sudah ada sejak adanya kerajaan sriwijaya dan dilanjutkan dengan kesultanan palembang darussalam hingga pada saat ini kebudayaan masa lalu tetap melekat kepada masyarakat palembang. Salah satu warisan budaya tersebut misalnya dapat kita temukan pada pakaian adat palembang yang hingga kini masih sering digunakan para pengantin dalam upacara adat pernikahannya. Secara garis besar pakaian adat daerah daerah di nusantara di pengaruhi oleh pakaian yang dikenakan oleh raja di nusantara pada zaman dahulu dan begitu juga dengan pakaian adat palembang yang mengadopsi dari.

Adapun untuk para mempelai wanita umumnya mengenakan baju kebaya sebagai atasan kain samping atau batik untuk bawahannya. Berdasarkan pada catatan sejarah paaian tradisional sumatera selatan adalah berasal dari zaman kesultanan palembang sejak abad ke enam belas hingga abad ke sembilan belas pertengahan. Berdasarkan catatan sejarah pakaian adat sumatera selatan berasal dari zaman kesultanan palembang sejak abad ke 16 hingga abad ke 19 pertengahan.

Pakaian adat palembang kerajaan sriwijaya yang kokoh dan termasyhur di masa silam telah mewariskan beragam adat dan kebudayaan secara turun temurun terutama bagi masyarakat melayu yang tinggal di sumatera selatan. Pakaian adat dari daerah banyuasin ini biasanya digunakan oleh pengantin pria dan wanita. Palembang sebagai ibukota sumatera selatan sumsel dikenal sebagai daerah yang teguh menjaga budaya lokal salah satunya adalah rumah adat.

Empek empek palembang adalah salah satu oleh oleh khas dari provinsi yang memiliki sungai terpanjang di pulau sumatera. Pakaian adat sumatera selatan sebagaimana daerah lain di indonesia sumatera selatan khususnya palembang mempunyai pakaian tradisional dengan ciri khasnya sendiri.

Musi Rawas I South Of Sumatera Taditional Wedding Outfit Pengantin Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Adat Palembang In 2020 Beauty Fashion Crown Jewelry

Serunya Perpaduan Adat Makasar Dan Palembang Di Pernikahan Alda Dan Fari Img 0815a Model Pakaian Wanita Model Pakaian Baju Pengantin

Baju Adat Minang Traditional Outfits Indonesian Wedding Clothes

Baju Tradisional Batak Afibusana Pakaian Pengantin Pria Pakaian Pengantin Pria

Pakaian Adat Palembang Dodot Fotografi Pengantin Pengantin Fotografi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *