Pakaian Adat Gorontalo Disebut

Pakaian Adat Gorontalo Disebut

Sementara itu pakaian adat untuk laki laki disebut mukuta dan walimono. Pakaian adat gorontalo suku gorontalo adalah suatu suku yang mendiami hampir di seluruh wilayah provinsi gorontalo bahkan hingga ke provinsi tetangganya yaitu sulawesi utara dan telah dikenal mempunyai kebudayaan yang sudah maju sejak masa silam.

Pakaian Adat Gorontalo Penuh Dengan Pernak Pernik Sejarah Negara Com

Pakaian adat gorontalo umumnya mempunyai tiga warna dan memiliki arti tertentu yaitu warna ungu warna kuning keemasan dan warna hijau.

Pakaian adat gorontalo disebut. Setelah mengetahui tentang nama pakaian adat gorontalo untuk wanita maka kamu juga perlu mengenal nama pakaian adat bagi pria yang dikenal dengan mukuta. Bagian lain yang digunakan pakaian pernikahan selain galenggo yaitu rok yang digunakan di bagian dalam yang sering disebut dengan bulluwa lo rahasia. Pakaian adat 34 provinsi di indonesia seperti yang diketahui indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal akan keanekaragaman suku dan budaya yang begitu mengagumkan.

Untuk perempuan pakaian adat tersebut dinamakan biliu dan payungga. Nah selain pakaian biliu dan mukuta gorontalo juga memiliki pakaian adat lainnya untuk keperluan upacara adat tertentu. Pakaian adat gorontalo pria sumber.

Pakaian ini dilengkapi dengan pakaian berlengan pendek dan ditambah dengan aksesoris tudung makuta. Saat akad nikah pakaian pengantin gorontalo disebut dengan pakaian adat gorontalo walimono dan payungga. Selain terkenal karena keanekaragaman rumah adatnya negara indonesia juga memiliki baju adat yang tidak kalah mengagumkan.

Pakaian adat gorontalo untuk mempelai wanita ini terdiri dari tiga bagian yakni baju kurung lengan panjang yang disebut dengan galenggo busana rok bagian dalam yang disebut dengan bulluwa lo rahasia atau oyilomuhu dan juga busana paling luar dengan bentuk seperti kain penuh dengan ornamen keemasan yang disebut dengan bide atau alumbu. Untuk pakaian pengantin gorontalo wanita yang disebut dengan biliu mempunyai arti diangkat. Sebagai salah satu bukti dari peninggalan kebudayaan masyarakat gorontalo adalah pakaian tradisional gorontalo yang bernama mukuta dan biliu.

Namun untuk pakaian pengantin gorontalo disebut dengan biliu dan makuta. Adapun yang membedakan adalah dari warnanya. Untuk lebih mengenal tentang pakaian adat gorontalo simak penjelasan mengenai pakaian adat gorontalo di artikel berikut ini.

Pakaian adat gorontalo biliu ini digunakan pasa saat pengantin wanita bersanding di tempat pelaminan atau puade. Pakaian adat mukuta juga punya fungsi yang sama dengan biliu yakni dipakai untuk acara pernikahan. Pakaian adat yang dikenakan oleh perempuan gorontalo terdiri dari tiga bagian yaitu baju kurung dengan lengan panjang yang disebut galenggo.

Dalam acara pernikahan pakaian adat gorontalo disebut biliu pakaian pengantin putri dan mukuta pakaian pengantin putra. Umumnya pakaian adat asal gorontalo ini sering digunakan saat pernikahan. Jika pakaian wanita disebut dengan biliu maka warga gorontalo akan menggunakan adat makuta untuk pakaian laki laki.

Pakaian adat gorontalo tersebut dari bentuknya bisa dibilang hampir mirip dengan pakaian pengantin tapi tanpa aksesoris khusus.

Intip Megahnya Pakaian Pernikahan Adat Gorontalo Idewedding

4 Pakaian Adat Gorontalo Nama Gambar Keterangan

Gorontalo 1 Budayaindonesiaaa

2 Pakaian Adat Gorontalo Yang Menarik Untuk Diketahui

Pakaian Adat Gorontalo Serta Penjelasannya Tambah Pinter

Fakta Menarik Mukuta Dan Biliu Sepasang Pakaian Adat Gorontalo

Gorontalo Pakaian Adat Senjata Tradisional Makanan Tradisional Tarian Adat Rumah Adat Alat Musik Tradisional Lagu Daerah Adat Nusantara Tradisinya Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *