Pakaian Adat Kerawang Gayo

Kerawang awalnya adalah ukiran pada rumah adat gayo pitu ruang yang kemudian motifnya diadopsi kedalam barang barang kerajinan khas gayo. Gayo adalah suku yang sangat menjaga adat istiadat nya dapat kita lihat hingga saat ini pakaian adat suku gayo masih menjaga motif dan corak nya yang mereka sebut dengan kerawang gayo.

Pin Oleh Agustiana Di Anabangga Kerawang Gayo Batik

Pakaian adat ini sering digunakan saat pesta pernikahan dan acara adat lainnya di wilayah tengah provinsi aceh khususnya gayo.

Pakaian adat kerawang gayo. Kerawang bagi masyarakat di dataran tinggi gayo melambangkan prinsip prinsip budaya agama adat istiadat dan hubungan sosial. Pakaian pria dikenal dengan sebutan baju aman mayak pakaian wanita disebut ineun mayak. Bordir kerawang gayo ini sering dipakai untuk hiasan dinding alas meja motif pakaian tas dan lain sebagainya.

Ukiran yang terdapat di kerawang gayo kerap di desain menjadi pakaian yang sedang ngetren saat ini khususnya pakaian wanita baik anak anak remaja dan dewasa. Meski motif kerawang awalnya hanya di pakai sebagai ukiran pada rumah rumah adat aceh tengah kini motif kerawang juga kerap ditemui dalam bentuk kain tas pakaian dan pernak pernik lain. Kerawang gayo adalah nama sebutan terhadap motif ukir pada suku gayo yang terus berkembang pada ukiran kain pakaian adat ini sering digunakan saat pesta pernikahan dan acara adat lainnya di wilayah tengah provinsi aceh.

Ineun mayak pakaian adat aceh gayo untuk wanita sedangkan untuk ineun mayok yang merupakan baju pengantin wanita memiliki perlengkapan seperti baju ikat pinggang ketawak serta sarung pawak. Trend terkini baju gamis modern wanita indonesia meliputi corak warna yang terang seperti cream biru merah muda ungu dan hitam hingga ada juga gamis motif batik. Kerawang gayo adalah nama sebutan terhadap motif ukir pada suku gayo.

Kerawang gayo berkembang pada ukiran kain. Motif kerawang gayo yang khas setiap warna dan ukiran memiliki makna dan arti tersendiri juga yang membedakan baju adat satu daerah dengan daerah lain adalah warna dan motif yang. Pakaian adat gayo untuk laki laki disebut aman mayok sedangkan untuk perempuan disebut ineun mayok.

Pengantin pria mengenakan bulang pengkah yang sekaligus berfungsi tempat menancapkan sunting. Kerawang gayo pakaian adat gayo pakaian adat gayo pakain adat suku gayo yang mendiami beberapa daerah di pulau sumatra memiliki corak dan ciri khas tersendiri dimana corak dan ciri khas tersebut terletak pada motif dan warna nya gayo adalah suku yang sangat menjaga adat istiadat nya dapat kita lihat hingga saat ini pakaian adat suku gayo masih. Bordir kerawang memiliki corak yang khas dimana mempunyai makna filosofi yang dalam dari setiap ukiran dan bentuknya.

Pakain adat suku gayo yang mendiami beberapa daerah di pulau sumatra memiliki corak dan ciri khas tersendiri dimana corak dan ciri khas tersebut terletak pada motif dan warna nya. Sedangkan perhiasan meliputi mahkota sunting sanggul sempol gampang cemara anting anting subang gener subang ilang lelayang serta ilung ilung. Trend model gamis motif kerawang gayo akan terus berkembang seiring dengan perkembanag fashion dan pilihan modelnya juga semakin banyak dengan desain yang modis dan trendy.

Busana adat perkawinan gayo mengetengahkan kekayaan teknik sulaman benang warna putih merah kuning dan hijau.

Pin Oleh Agustiana Di Anabangga Kerawang Gayo Di 2020

Pin Oleh Agustiana Di Anabangga Kerawang Gayo

Pin Oleh Agustiana Di Anabangga Kerawang Gayo Budaya Pernikahan Kartu Undangan Pernikahan

Pin Oleh Agustiana Di Anabangga Kerawang Gayo Gaun Pesta Pakaian Gaun

Repost From Siscasyanellaselian Adat Alas Kutacane Aceh Tenggara Untuk Informasi Selengkapnya Silahkan Hubungi Pemilik Foto Ini Berejen

Pakaian Adat Gayo Aceh Tengah Jpg 848 1277 Ornamen

Jangin Gayo Lues Aransemen 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *