Pakaian Adat Laki Laki Maluku

Pakaian Adat Laki Laki Maluku

Di bawah ini telah tersaji setidaknya 5 jenis pakaian adat daerah maluku. Di mana baik wanita maupun pria maluku memakainya.

5 Pakaian Adat Maluku Paduan Kebaya Dan Kain Khas

Warnanya nggak harus merah.

Pakaian adat laki laki maluku. Kebaya dansa merupakan pakaian adat yang umumnya dipakai pada waktu acara pesta rakyat. Kebaya hitam gereja sumber. Karena sudah diwakili dengan pemakaian baniang putih sebelumnya.

Namun tidak berkancing dan juga memiliki bentuk kerah yang melingkar. Pakaian ini adalah baju adat yang berasal dari maluku tengah dan hanya dikenakan oleh laki laki. Busana tersebut berbentuk kemeja berleher bundar dilengkapi kancing putih.

10 suku di maluku. Artinya hanya dipakai dimasukkan begitu saja tanpa direkatkan lagi memakai kancing. Kalau pada pakaian adat maluku baju cele peding pria berwarna merah disesuaikan dengan warna jasnya.

Baniang putih adalah kemeja dengan leher berbentuk bulat dan dilengkapi kancing berwarna putih. Sebagai pakaian adat maluku wajib bagi para pria untuk memiliki pakaian ini dikarenakan penggunaannya yang cukup sering dipakai dalam acara acara resmi serta acara kebudayaan maluku. Biasanya pakaian ini dikenakan untuk dalaman jas.

Saat menghadiri pesta kebudayaan maluku memiliki jenis pakaian adat tersendiri. Baju cale baju cale menjadi salah satu pakaian adat maluku yang paling terkenal baju inimerupakan baju pasangan yang terbuat dari kain nyaman tebal bernama salele. Lebih tepatnya provinsi maluku karena untuk busana adat provinsi maluku utara akan disajikan dalam artikel tersendiri.

Untuk pakaian laki laki berbentuk jas dan kemeja sebagai dalamannya. Baniang putih biasanya dikenakan sebagai busana dalaman jas. Nama pakaian adat maluku ini sudah cukup mendeskripsikan kegunaannya.

Celananya memakai adat maluku biasanya celana panjang dengan warna hitam atau bisa juga sama dengan warna bajunya. Maluku rupanya tidak hanya memiliki satu pakaian adat saja melainkan beberapa pakaian adat dibawah ini merupakan pakaian adat maluku antara lain sebaga berikut. Dalam hal ini budaya suku suku di kepulauan maluku banyak mendapat pengaruh budaya arab dan eropa portugis dan belanda termasuk dalam berbusana.

Maluku yang terdiri dari maluku utara maluku tenggara maluku selatan dan maluku tengah mempunyai banyak adat istiadat yang harus diketahui oleh semua warga indonesia. Menjadi sebuah provinsi yang meliputi bagian selatan kepulauan maluku indonesia maluku membedakan mana pakaian adat untuk pria dan untuk wanita. Maluku juga merupakan provinsi yang memiliki sejarah paling tua diantara provinsi provinsi lain yang ada di indonesia.

Baju adat maluku biasanya berwarna merah terang dan memiliki motif emas ataupun perak. Berbeda dengan peding yang dipakai dengan tema baju nona. Untuk alas kakinya baik wanita atau laki laki memakai sepatu vantovel.

Pakaian adat maluku yang satu ini bagi laki laki memiliki perwujudan layaknya kemeja. Pakaian adat merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di maluku dan masih lestari sampai saat ini. Pasalnya maluku selalu menjaga merawat dan melestarikannya dengan sebaik mungkin.

Baniang putih merupakan pakaian adat maluku tengah yang khusus dipakai laki laki. Istilah peding diperuntukkan bagi ikat pinggang atau sabuk.

6 Baju Adat Maluku Dan Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakannya

Mengenal Baju Cele Pakaian Adat Tradisional Maluku Sering Jalan

9 Jenis Pakaian Adat Maluku Beserta Penjelasannya Guratgarut

48 Gambar Baju Adat Provinsi Maluku Utara Paling Unik Modelbaju Id

5 Pakaian Adat Suku Betawi Jakarta Sering Jalan

In Indonesian Traditional White Kebayas Indisch Leger Molukken Klederdracht

Pakaian Adat Maluku Mewakili Karakteristik Adat Di Kepulauan Ini Sejarah Negara Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *