Pakaian Adat Maluku Utara

Pakaian Adat Maluku Utara

Provinsi maluku utara memiliki beragam pakaian adat karena memang adat ritual dan juga kepercayaannya berbeda beda. Pakaian adat maluku utara selain berfungsi untuk memenuhi keperluan fisik sandang juga bisa sebagai status sosial bagi pemakainya karena ada perbedaan perbedaan yang khusus pada aturan penggunaan pakaian adat ini berdasar pada tingkat kedudukan si pemakai dalam strata sosial.

Macam Macam Pakaian Adat Indonesia Dari 34 Provinsi Gambar

Sama halnya antara kebudayaan yang ada di sumatera barat dan di sumatera utara.

Pakaian adat maluku utara. Dalam kehidupan sehari hari masyarakat maluku utara masih melestarikan budaya leluhur salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian adat. Kebudayaan yang masih kita perhatikan adalah mengenai pakaian adat maluku utara yang mencakup baju celana rok topi dan aksesoris lainnya. Sejarah panjang selama ribuan tahun melalui kedatangan bangsa arab dan eropa turut mempengaruhi kehidupan berbudaya masyarakat termasuk memberi pengaruh pada bentuk pakaian adat maluku utara.

Maluku utara merupakan daerah bagian dari maluku sendiri yang memiliki kebudayaan tersendiri. Untuk istrinya sultan memakai kebaya panjang atau kimun gia. Pakaian yang di pakai oleh sultan disebut dengan manteren.

Pakaian adat maluku utara. Pakaian adat maluku utara dan tenggara. Pakaian adat maluku utara.

Seperti halnya pakaian adat di ternate dan tidore. Pakaian adat daerah maluku utara. Pakaian adat maluku utara maluku utara adalah sebuah provinsi di indonesia yang baru terbentuk pada tanggal 4 oktober 1999.

Di provinsi tersebut terdapat beberapa jenis suku bangsa dengan ciri khas budayanya masing masing. Provinsi ini memisahkan diri dari provinsi maluku melalui otonomi daerah dan menjadikan kota sofifi sebagai ibukotanya. Pakaian adat maluku utara maluku utara adalah provinsi yang baru terbentuk pada 4 oktober 1999 lalu.

Namun berdasarkan informasi yang dihimpun oleh keluyuran gambar di atas merupakan salah satu baju adat dari maluku utara. Pakaian adat maluku utara ini terdiri dari jas tertutup berwarna merah dengan 9 kancing besar yang terbuat dari perak dan ujung tangan leher serta saku jas bagian luar dihiasi dengan bordir dan pernik keemasan. Balai sendiri adalah tempat bermusyawarah dan pertemuan.

Oleh pak alex diposting pada oktober 17 2020. Warna merah pada jas melambangkan keperkasaan dan kekuasaan sang sultan. Di provinsi ini tinggal beragam suku bangsa dengan budayanya masing masing.

Pakaian adatnya pun berbeda tergantung acara adat atau kegiatan yang dilakukan. Informasi mengenai pakaian rakyat biasa di maluku utara cukup sulit didapat lantaran pakaian tersebut memang sudah sangat jarang dipakai oleh masyarakat di sana. Provinsi tersebut berpisah dari provinsi maluku melalui otonomi daerah dengan kota sofifi sebagai ibukotanya.

Rumah baileo dalam bahasa indonesia baileo mempunyai arti balai. Setiap provinsi di indonesia memiliki corak kebudayaan yang khas tidak terkecuali maluku utara disingkat malut. Pada kesempatan kali ini pengajar co id ingin membagikan artikel tentang rumah adat maluku berikut ulasannyaa.

Pakaian ini dikenakan dengan bawahan celana panjang. Namun pada dasarnya baju adat resminya adalah baju cale.

5 Pakaian Adat Maluku Paduan Kebaya Dan Kain Khas

Sewa Baju Adat Maluku Di Bekasi 0819 3269 2772 By Alia Tina Medium

Mengenal Baju Cele Pakaian Adat Tradisional Maluku Sering Jalan

Miajaya My Life My Action

11 Pakaian Adat Maluku Utara Tenggara Nama Penjelasan

12 Pakaian Adat Maluku Warisan Tradisi Budaya Gambar Penjelasan

Pakaian Adat Maluku Mewakili Karakteristik Adat Di Kepulauan Ini Sejarah Negara Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *