Pakaian Adat Pernikahan Sunda

Karena sekarang kita lebih mengenal jenis dan nama nama pakaian adat sunda berdasar pada fungsi dan tujuan pakainya. Hal yang membedakan ketiga jenis pakaian adat pernikahan ini adalah dari derain pakaian dan juga riasan yang dipakai.

Pernikahan Adat Sunda Dengan Nuansa Garden Kumpulan Informasi Aneka Pakaian Adat Yang Ada Di Seluruh Indonesia Foto Perkawinan Fotografi Pengantin Pernikahan

Pakaian adat sunda rakyat biasa pada zaman dahulu pakaian ini digunakan oleh suku sunda golongan bawah yang umumnya bekerja sebagai petani dan pekerja kasar.

Pakaian adat pernikahan sunda. Selain beberapa perbedaan diatas pengaruh daerah juga menjadikan baju adat sunda menjadi sangat beragam. Contohnya yaitu seperti kebaya celana pangsi baju salontreng baju pengantin sunda dan lain lain. Ada juga pakaian adat sunda untuk anak anak baik laki laki maupun perempuan dan contoh lainnya yang beragam.

Selain itu ada pula baju adat yang digunakan oleh pengantin sunda. Pakaian adat sunda untuk pernikahan sumber. Pengantin sunda putri pengantin sunda siger dan pengantin sunda sukapura.

Ada 3 jenis pakaian adat sunda yang digunakan untuk suatu pernikahan menurut adat sunda yaitu tata busana pengantin putri tata busana pengantin singer dan tata busa pengantin sukapura. Untuk keperluan upacara adat perkawinan para pengantin adat sunda akan mengenakan pakaian khusus yang dinamai pakaian pengantin sukapura. Pakaian adat sunda untuk pernikahan.

Pakaian untuk rakyat biasa ini cenderung sederhana tanpa tambahan aksesoris apapun. Ada tiga jenis pakaian adat sunda untuk pernikahan berdasarkan adat sunda yakni tata busana pengantin putri tata busana pengantin singer dan juga tata busana pengantin sukapura. Pada prosesi pernikahan adat sunda ini rambut dari calon mempelai wanita akan dipotong sedikit sebagai lambang mempercantik diri lahir dan batin.

Sebenarnya ada tiga pakaian adat suku sunda untuk rakyat jelata pria yaitu baju salontreng sarung poleng ikat logen sandal tarumpah dan celana komprang. Pakaian adat sunda untuk pernikahan ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu tata busana pengantin putri tata busana pengantin singer dan tata busa pengantin sukapura. Dari ke 3 jenis pakaian tersebut tentu saja mempunyai perbedaan baik itu dari segi pakaian dan dandanan yang dipakai.

Pakaian ini untuk mempelai pria berupa jas tutup berwarna putih yang dilengkapi ikat pinggang warna putih kain rereng sebagai bawahan tutup kepala bendo motif rereng pula dan selop berwarna putih. Di zaman dahulu mereka memakainya untuk melakukan aktivitas sehari hari. Terdapat tiga jenis pembagian pakaian dalam pernikahan budaya sunda yaitu.

Perbedaan yang dilihatkan dari ketiganya yaitu detail pakaian serta dandanan yang dikenakan. Dilanjutkan dengan prosesi ngeningan yakni menghilangkan semua bulu bulu halus pada wajah kuduk membentuk amis cau atau sinom membuat godeg serta membuat kembang turi. Namun pada saat ini kita mengenal pakaian adat sunda yang digunakan sebagai pakaian resmi jawa barat tidak memandang strata sosialnya di masyarakat.

Ketiganya memiliki perbedaan yang dapat dilihat dari detail pakaian dan dandanan yang digunakan. Selain itu ada pula baju tradisional untuk pernikahan yang lebih spesial.

Pernikahan Adat Sunda Dengan Sentuhan Hijau Owlsome 154 Of 272 Pengantin Wanita Gaya Pengantin Pernikahan

An Elegant Sundanese Ballroom Wedding With Muted Shades 028 Foto Perkawinan Pakaian Pernikahan Gaun Pengantin Sederhana

Pernikahan Percampuran Adat Sunda Dan Palembang Dengan Nuansa Pastel Achadyan15160 Pernikahan Pakaian Pernikahan Gaun Perkawinan

Pernikahan Adat Sunda Dengan Sentuhan Hijau The Wedding The Bride Dept Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita Pengantin Muslim

Pernikahan Adat Sunda Dengan Nuansa Garden Foto Perkawinan Pernikahan Foto Pengantin

Pernikahan Sunda Modern Ala Hallida Dan Gusti The Bride Dept Pengantin Wanita Gaun Perkawinan Pose Perkawinan

Pin Di Wedding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *