Pakaian Adat Pria Palembang

Prosesi pertama pada pernikahan adat palembang adalah tahap pendekatan atau disebut dengan madik. Baju adat sumatera selatan yang pertama adalah aesan paksangko.

Pin Di Fesyen Traditional International Clothing

Pakaian adat ini melambangkan keagungan masyarakat daerah sumatera selatan.

Pakaian adat pria palembang. Daerah yang dikenal dengan sebutan bumi sriwijaya dan masyarakat yang biasa memanggil sebagai sebutan wong kito galo memiliki pakaian tradisional yang khas dengan keragaman corak di tiap kabupaten dalam provinsi tersebut. Salah satu warisan budaya tersebut misalnya dapat kita temukan pada pakaian adat palembang yang hingga kini masih sering digunakan para pengantin dalam upacara adat pernikahannya. Untuk bagian tangan terdiri dari gelang kulit bahu gelang gepeng gelang sempuru dan juga gelang ulo betapo.

Sesuai dengan namanya aesan gede atau baju besar adalah baju pakaian adat palembang yang menunjukan dan melambangkan kebesaran. Dengan pemahaman bahwa upacara pengantin merupakan upacara besar maka penggunaan pakaian adat aesan gede ini maka diharapkan kedua pengantin akan nampak anggun dan besar seperti halnya raja raja sriwijaya. Busana adat palembang ini biasanya lebih sering kita lihat pada acara resepsi pernikahan yang digunakan oleh kedua pasang mempelai pengantin dengan kombinasi warna merah dan emas.

Pada saat seorang pria mengenakan pakaian adat yang satu ini maka akan terlihat gagah seperti halnya raja raja di masa. Adat pernikahan palembang lengkap sumber gambar. Pakaian adat palembang pria.

Sesuia dengan namanya yang memiliki arti kebesaran. Aesan gede ini digunakan sebagai pakaian pengantin. Pembayaran mudah pengiriman cepat bisa cicil 0.

Beli pakaian adat palembang online berkualitas dengan harga murah terbaru 2021 di tokopedia. Pada bagian tubuh terdiri dari kalung kebo munggah dan juga slempang sawit. Palembang sebagai salah satu kota yang memiliki nilai budaya yang sudah ada sejak adanya kerajaan sriwijaya dan dilanjutkan dengan kesultanan palembang darussalam hingga pada saat ini kebudayaan masa lalu tetap melekat kepada masyarakat palembang.

Berdasarkan sejarah pakaian adat palembang berasal dari zaman kesultanan palembang sejak abad ke 16 hingga abad ke 19 pertengahan. Baju adat palembang pria tradisional. Pakaian adat palembang kerajaan sriwijaya yang kokoh dan termasyhur di masa silam telah mewariskan beragam adat dan kebudayaan secara turun temurun terutama bagi masyarakat melayu yang tinggal di sumatera selatan.

Baju adat palembang pria dapat mengenakan dua jenis pakaian yang sudah kami jelaskan diatas yakni aesan gede dan aesan paksangko. Salah satu peninggalan yang melekat hingga saat ini adalah pakaian adat di kota palembang terdapat beberapa pakaian adat. Nama pakaian adat palembang aesan gede untuk pria juga terdiri dari beberapa bagian yakni kesuhun dan tebeng malu.

Aesan gede ini digunakan sebagai pakaian pengantin. Sesuai dengan namanya aesan gede atau baju besar adalah baju pakaian adat palembang yang menunjukan dan melambangkan kebesaran. Dengan pemahaman bahwa upacara pengantin merupakan upacara besar maka penggunaan pakaian adat aesan gede ini maka diharapkan kedua pengantin akan nampak anggun dan besar seperti halnya raja raja sriwijaya.

Pada tahap ini pihak keluarga pria akan mengutus seseorang untuk mengetahui bibit bebet dan bobot sang wanita juga memastikan sang wanita belum menjadi tunangan.

Baju Tradisional Batak Afibusana Pakaian Pengantin Pria Pakaian Pengantin Pria

Throwback Keserasian Ebyfamily Dengan Pakaian Adat Khas Palembang Gimana Menurut Kalian Throwback Keserasian Ebyfam Wedding Backdrop Backdrops Throwback

Musi Rawas I South Of Sumatera Taditional Wedding Outfit Pengantin Pakaian Pernikahan Pengantin Wanita

Baju Adat Pernikahan Melayu Hijau Dan Minang Merah Sunting Melayu Dan Minang Traditional Weddin Gaun Pengantin Sederhana Pose Pengantin Pria Pose Pengantin

Pakaian Adat Palembang Dodot Fotografi Pengantin Pengantin Fotografi

Lamaran Adat Palembang Dan Betawi Ala Aida Ferhat The Bride Dept Pakaian Wanita Pakaian Musim Panas Kasual Wanita

Baju Adat Minang Traditional Outfits Indonesian Wedding Clothes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *