Pakaian Adat Suku Osing Banyuwangi

Pakaian Adat Suku Osing Banyuwangi

Wisata banyuwangi masyarakat suku osing di desa kemiren kecamatan glagah banyuwangi memiliki berbagai tradisi dan ritual unik yang masih terpelihara sampai sekarang selain barong ider bumi yang sudah populer ada banyak tradisi masyarakat di desa kemiren lainnya seperti tradisi selamatan sedekah lebaran tradisi tumpeng sewu tradisi mepe kasur tradisi mengunyah sirih ritual mudun lemah. Orang osing atau using berdiam secara menyebar di kecamatan giri glagah kabat rogojampi banyuwangi singojuruh genteng dan srono dalam wilayah kabupaten banyuwangi jawa timur.

Suku Osing Banyuwangi Asli Tetap Kuat Hingga Kini Halaman All Kompasiana Com

Rumah adat yang sebagian besar juga menjadi rumah tinggal ini tersebar di beberapa tempat di area.

Pakaian adat suku osing banyuwangi. Seragam adat itu yakni setelan baju adat hitam hitam mengenakan udeng penutup kepala untuk pegawai laki laki. Aturan tersebut memberlakukan baju adat suku osing sebagai pakaian dinas harian untuk dikenakan para karyawan di lingkungan pemerintah kabupaten banyuwangi. Mereka menganggap diri sebagai penduduk asli di wilayah tersebut.

Menurut salah satu ketua adat desa osing kemiren yang bernama suhaimi suku osing sendiri tersebar di sembilan kecamatan di banyuwangi. Mulai dari sekretaris daerah asisten kepala skpd hingga karyawan dan karyawati tanpa terkecuali. 34 pakaian adat indonesia paling lengkap suku tengger.

Tari gandrung klasik diperkirakan lahir sejak 1700 an. Kedua pakaian ini mempunyai karakteristik salah satunya udheng tongkosan yang memadukan seni batik tulis khas dari banyuwangi. Tak cuma itu suku osing sendiri tersebar di beberapa kecamatan di banyuwangi.

Terdapat juga baju adat banyuwangi bagi yang menjadi icon yaitu baju jebeng dan baju thulik. Mendatangi desa wisata di banyuwangi yaitu desa kemiren yang kaya dengan adat dan budaya setempat yang dikenal sebagai tuan rumah suku using memiliki banyak rumah adat khas di desa kemiren. Di desa adat tersebut masih banyak dijumpai beberapa rumah adat using kuno yang ditempati hingga saat ini.

Baju jebeng dipakai wanita dan baju thulik dipakai oleh pria. Sekretaris daerah kabupaten banyuwangi slamet kariyono menuturkan pemakaian busana adat ini sesuai dengan perbup no 27 tahun 2016 tentang pakaian dinas di seluruh lingkup pemkab. Tarian yang berasal dari suku osing suku asli banyuwangi ini pada mulanya dibawakan sebagai perwujudan rasa syukur kepada dewi sri setelah.

Selain memiliki destinasi wisata yang indah banyuwangi juga masih memiliki penduduk asli yang memiliki adat dan budaya yang masih kental. Suku osing banyuwangi merupakan suku asli banyuwangi yang masih memegang teguh adat dan budayanya sampai saat ini. Banyuwangi adalah kabupaten yang terletak di ujung timur pulau jawa.

Baju ini sejenis pakaian yang dipakai pasangan pengantin suku osing. Mereka semua mengenakan pakaian adat khas suku osing. Dalam se itu disebutkan pedoman pakaian adat baik untuk pria maupun wanita.

Jika kamu berlibur ke banyuwangi jangan lupa mampir. Serta kebaya hitam dipadu dengan kain batik banyuwangi untuk perempuan.

Kenali Aneka Ragam Budaya Yang Berada Di Banyuwangi Ringtimes Banyuwangi

Leni Busana Pengantin Adat Osing Banyuwangi

Kebudayaan Suku Osing Banyuwangi 2021 Tradisi Adat Dan Bahasa

Ragam Kesenian Banyuwangi Travelink Magazine

Mengenal Tradisi Kawin Lari Di Banyuwangi

Banyuwangi Epic Pakaian Pengantin Adat Suku Osing Facebook

7 Keunikan Desa Osing Desanya Para Penari Di Banyuwangi Santai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *