Pakaian Adat Sulawesi Tengah Dan Keterangannya

Pakaian Adat Sulawesi Tengah Dan Keterangannya

Pakaian adat suku toli toli buol suku toli toli mendiami daerah di sekitar kabupaten toli toli. Baju adat sulawesi tengah 1.

Pakaian Adat Sulawesi Tengah Serta Penjelasannya Tambah Pinter

Sejalan dengan luas wilayah dan jumlah penduduknya tersebut kebudayaan yang dipunyai oleh sulawesi tengah juga amatlah beragam.

Pakaian adat sulawesi tengah dan keterangannya. 1 pakaian adat kaili. Pakaian adat sulawesi tengah suku kaili bernama baju nggembe dan baju koje. Baju adat muna sulawesi tenggara terdiri atas pakaian adat pria dan baju adat wanita.

Pakaian adat sulawesi tengah suku kaili etnis kaili adalah etnis suku adat yang telah berdiam di kabupaten donggala parigi moutong sigi dan kota palu secara turun temurun. Serangkaian pakaian tersebut adalah yang dipakai sehari hari oleh para pria suku muna. Pakaian adat yang dikenakan oleh kaum.

Prianya memakai kemeja panjang yang biasa disebut dengan pakean nu moane. Langsung saja kita tengok beberapa pakaian adat dari sulawesi tengah. Pakaian adat sulawesi tengah mempunyai beberapa macam.

Tercatat setidaknya ada 4 pakaian adat sulawesi tengah yang berasal dari suku suku berbeda di sulawesi tengah. Suku kaili memiliki baju adat yang digunakan pada acara tertentu seperti pada acara pernikahan. Pakaian adat sulawesi tengah dari suku ini untuk perempuannya terdiri dari blus lengan pendek dengan lipatan kecil di bagian lengan dan manik manik dari pita emas badu celana panjang dengan hiasan sama puyuka sarung sebatas lutut lipa selendang silempang dan ikat pinggang berwarna.

Busana adat mereka antara pria dan wanitanya cukup berbeda. Untuk pakaian adat pria biasanya mereka menggunakan bhatu baju bheta sarung sala celana dan songko kopiah atau yang biasanya digantikan dengan kampurui ikat kepala. Untuk mengetahui apa saja pakaian adat tersebut simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tentunya merupakan warisan nenek moyang yang kini senantiasa terus dilesatrikkan pada sehari sehari atau acara acara tertentu. Busana ini mempunyai bentuk cukup unik yaitu segi empat berkerah bulat dan blus longgar yang panjang nya sampai pada pinggang. Seperti yang diketahui indonesia adalah negara dengan beragam budaya dan kearifan lokal.

Selain itu sebagai bawahan dikenakan pula celana panjang yang kerap disebut koja. Home pakaian adat pakaian adat di indonesia pakaian adat sulawesi tenggara 13 januari 2021 19 agustus 2020 oleh miftachul arifin terciptanya kekayaan budaya berupa pakaian adat sulawesi tenggara lantaran beragamnya suku seperti tolaki buton dan muna yang mendiami wilayah tersebut. Pakaian adat di sulawesi tengah memang beragam dan memiliki keunikkan dan ciri khas masing masing.

Baju nggembe merupakan busana adat khusus perempuan atau remaja putri yang dipakai pada saat pesta atau upacara adat. Masyarakat saluan banyak mendiami daerah luwuk sulawesi tengah. Dengan keragaman tersebut maka tidak heran ada macam macam pakaian adat sulawesi tengah yang dapat kita temukan.

Setiap wilayah di negeri ini memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda beda mulai dari sabang hingga merauke. Setiap pakaian adat sulawesi tengah dan daerah asalnya memiliki ciri khas walaupun masih terdapat kesamaan karena berasal dari satu rumpun. Pakaian adat sulawesi tengah dari suku saluan.

Kumpulan Pakaian Adat Indonesia Dari Sabang Sampai Merauke Blog Unik

5 Pakaian Adat Sulawesi Utara Yang Mempesona Dan Elegant

6 Nama Pakaian Adat Aceh Yang Penuh Filosofi

5 Pakaian Adat Sulawesi Tengah Nama Penjelasan Gambar

10 Pakaian Adat Sumatera Utara Ragam Baju Tradisional Suku Batak

Nama Nama Pakaian Adat Daerah Dari 34 Provinsi Di Indonesia Diknaspedia

4 Baju Adat Sulawesi Tengah Tradisikita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *