Pakaian Adat Wanita Maluku

Pakaian Adat Wanita Maluku

Maluku juga merupakan provinsi yang memiliki sejarah paling tua diantara provinsi provinsi lain yang ada di indonesia. Pada zaman dahulu pakaian ini biasanya dikenakan oleh wanita dari kalangan tertentu seperti perempuan kerajaan bangsawan serta guru.

Mengenal Baju Cele Pakaian Adat Tradisional Maluku Sering Jalan

Nama pakaian adat maluku ini sudah cukup mendeskripsikan kegunaannya.

Pakaian adat wanita maluku. Kainnya pun juga menggunakan kain salele. 10 suku di maluku. Sebagai pakaian adat maluku wajib bagi para pria untuk memiliki pakaian ini dikarenakan penggunaannya yang cukup sering dipakai dalam acara acara resmi serta acara kebudayaan maluku.

Pakaian adat maluku untuk wanita 1. Mari kenali pakaian adat maluku bersama sama. Kemudian menggunakan kebaya warna putih.

Baju cale baju cale menjadi salah satu pakaian adat maluku yang paling terkenal baju inimerupakan baju pasangan yang terbuat dari kain nyaman tebal bernama salele. Selamat membaca apakah kamu sudah tahu tetang provinsi maluku. Maluku merupakan merupakan provinsi yang masih kental dengan kebudayaannya.

Pasalnya maluku selalu menjaga merawat dan melestarikannya dengan sebaik mungkin. Pakaian adat maluku terbilang simpel karena gak banyak mengenakan aksesoris dan kain yang berlapis lapis. Namun ada tambahan kain lenso yang dipakai di leher sebagai kalung.

Catatan sejarah mengenai maluku yang ditemukan tertulis pada tablet tanah liat di mesopotamia iran dan mesir menyebutkan bahwa kepulauan ini sebagai negeri yang sangat kaya dari timur. Tidak bisa dipungkiri keberadaan pakaian ini memang bertujuan sebagai penunjuk kelas sosial dan membedakan antara rakyat jelata dan keluarga kesultanan. Nah baju cele untuk wanita ini juga memiliki nuansa merah putih.

Sejarah panjang selama ribuan tahun melalui kedatangan bangsa arab dan eropa turut mempengaruhi kehidupan berbudaya masyarakat termasuk memberi pengaruh pada bentuk pakaian adat maluku utara. Ada pun wanita maluku tidak pernah lupa memakai sanggul karena menjadi sebuah pelengkap yang cukup penting bagi pakaian adat ini. Setiap provinsi di indonesia memiliki corak kebudayaan yang khas tidak terkecuali maluku utara disingkat malut.

Pakaian adat merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di maluku dan masih lestari sampai saat ini. Pakaian adat maluku provinsi maluku merupakan provinsi yang dikenal memiliki sejarah paling tua di antara provinsi lainnya di nusantara. Maluku rupanya tidak hanya memiliki satu pakaian adat saja melainkan beberapa pakaian adat dibawah ini merupakan pakaian adat maluku antara lain sebaga berikut.

Kebaya hitam gereja sumber. Ditambah konde sederhana yang bikin wanita maluku makin nampak pesonanya. Pakaian adat maluku halo guys buat kamu yang sedang mencari baju baju adat yang ada maluku artikel ini akan membahas hal itu looh.

Warna hitam merah putih dan corak keemasan menjadi ciri khasnya. Setelan baju cele wanita ini menggunakan bawahan berupa sarung. Pakaian adat maluku selanjutnya adalah baju kebaya berwarna puti dengan lengan panjang yang terbuat dari bahan brokat.

5 Pakaian Adat Maluku Paduan Kebaya Dan Kain Khas

Baju Adat Maluku Ambon Afibusana

August 2015 Tahuribabunyi

5 Pakaian Adat Tradisional Maluku

Ketua Tp Pkk Maluku Kenakan Pakaian Adat Tanimbar Dalam Fashion Show Indonesia Timur

Pakaian Adat Maluku Mewakili Karakteristik Adat Di Kepulauan Ini Sejarah Negara Com

12 Pakaian Adat Maluku Warisan Tradisi Budaya Gambar Penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *