Panduan Login Sispena BAN SM Tahun 2020

Panduan Login Sispena BAN SM Tahun 2020

infogtk.org – Sahabat Info GTK pada kesempatan ini informasi terkait Panduan Login Sispena Ban SM Tahun 2020 menjadi topik bahasan dalan artikel ini. Pada tahun 2019 Secera serentak Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM) menyelenggarakan akreditasi bagi sekolah yang berstatus negeri dan swasta yang telah habis masa berlakunya.

Dilansir dari berbagi sumber Akreditasi ialah proses evaluasi dan penilaian mutu suatu institusi atau program studi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (Tim Asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi atau program studi yang bersangkutan, hasil akreditasi menjadi pengakuan penting bahwa suatu institusi atau program studi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan, sehingga layak untuk menyelenggarakan program-programnya.

Akreditasi sekolah merupakan suatu kegiatan penilaian yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang dalam hal ini Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilaksanakan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, pada periode ini pihak BAN SM telah menyiapkan sebuah aplikasi yang wajib diisi oleh semua satuan pendidikan sebelum ditinjau oleh Tim Assesor datang melakukan Visitasi.

Dikenal dengan nama Aplikasi Sispena-S/M.  Aplikasi ini merupakan bentuk penilaian akreditasi yang berbasis web, sehingga user dapat mengakses kapan dan dimana saja dengan syarat terhubung dengan internet. Selain bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer aplikasi juga bisa diakses menggunakan handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil.

Guna memberikan informasi yang akurat tata cara penggunaan aplikasi inipun disertakan Buku Panduan Sispena-S/M untuk Sekolah/Madrasah yang dapat diunduh dikahir artikel ini. Dalam buku panduan ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana menggunakan aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah).

Adapun Tutorial yang akan Admin sampaikan setidaknya dapat memberikan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana tata cara menggunakan aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah).

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Next »

Share This Post

Post Comment