Pembelajaran Dengan Metode Modelling The Way

Pembelajaran Dengan Metode Modelling The Way

infogtk.org – Pembelajaran Dengan Metode Modelling The Way. Model Pembelajaran “adalah kerangka kerja konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam mengatur pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, dan berfungsi sebagai panduan bagi perancang pembelajaran dan instruktur dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Dengan demikian kegiatan pembelajaran benar-benar merupakan kegiatan yang memiliki tujuan yaitu diatur secara sistematis. Metode pembelajaran ini merupakan sekumpulan dari 101 strategi pengajaran. Sebuah metode yang menitik beratkan pada kemampuan seorang siswa untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Karena siswa dituntut untuk bermain peran sesuai dengan materi yang diajarkan.

Model dan Strategi Pembelajaran

Model pembelajaran jangka sangat dekat dengan pemahaman tentang strategi pembelajaran dan dibedakan dari istilah strategi pembelajaran, pendekatan dan metode. Model pembelajaran jangka memiliki makna yang lebih luas daripada strategi, metode, dan teknik.

Sementara istilah “strategi” awalnya dikenal di dunia militer, terutama yang terkait dengan perang atau dunia olahraga, namun maknanya meluas tidak hanya ke dunia militer atau olahraga tetapi juga ke bidang ekonomi, sosial dan pendidikan. Menurut Ruseffendi (1980), istilah strategi, metode, pendekatan dan teknik didefinisikan sebagai berikut:

    1. Pendekatan Pembelajaran adalah jalur atau arah yang diambil oleh guru atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan melihat bagaimana materi disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan induktif atau deduktif.
    2. Metode Pembelajaran adalah cara umum mengajar yang dapat diterapkan untuk semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah, ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.
    3. Teknik mengajar adalah aplikasi spesifik dari metode pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan media pembelajaran dan kesiapan siswa. Misalnya teknik pengajaran perkalian dengan penambahan berulang.
    4. Strategi pembelajaran adalah serangkaian kebijakan yang dipilih, yang telah dikaitkan dengan faktor-faktor yang menentukan warna atau strategi, yaitu:

Baca Juga : Model Pembelajaran dan Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum 2013

Sebuah. Seleksi materi pelajaran (guru atau siswa)

  • Penyaji materi pelajaran (individu atau kelompok, atau studi independen)
  • Cara mempresentasikan materi pelajaran (induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau informal)
  • Target penerima materi pelajaran (kelompok, individu, heterogen, atau homogen.

Soedjadi (1999: 101) menyebutkan strategi pembelajaran adalah strategi untuk melakukan kegiatan belajar yang bertujuan mengubah keadaan belajar menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah situasi itu bisa ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi menyatakan bahwa dalam satu pendekatan lebih dari satu metode dapat dilakukan dan dalam satu metode lebih dari satu teknik dapat digunakan. Ini dapat dilacak hanya sebagai seri:

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *