Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS pada Dapodik

Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS pada Dapodik

infogtk.org – Pada kesempatan kali ini infogtk akan membagikan informasi tentang Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS pada Dapodik. Pada tanggal 25 Juni 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan Katalog Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). Keduanya diluncurkan untuk mendukung pengadaan barang dan jasa (PBJ) di sekolah dalam menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler. SIPLah dirancang untuk memanfaatkan Sistem Pasar Daring (Online Marketplace) yang dioperasikan oleh pihak ketiga. Sistem pasar daring yang dapat dikategorikan sebagai SIPLah harus memiliki fitur tertentu dan memenuhi kebutuhan Kemendikbud.

Secara teknis pengoperasian SIPLah dan aplikasi lain dalam Sistem Elektronik BOS, akan teritegrasi dengan Dapodik. Sasaran/pengguna dari aplikasi tersebut adalah Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah. Dan untuk masuk ke aplikasi SIPLah dan aplikasi lain dalam Sistem Elektronik BOS akan menggunakan akun Kepala Sekolah dan Bendahara Sekolah yang telah dibuat melalui Aplikasi Dapodikdasmen. Dari hasil pengecekkan data di server Dapodik, pada saat ini diketahui bahwasannya masih banyak sekolah yang belum membuat dan memutakhirkan data akun Kepala Sekolah dan akun Bendahara Sekolah serta tugas tambahannya.

  • Tidak ada tugas tambahan Kepala Sekolah = 1.446 sekolah (0,65%)
  • Tidak ada tugas tambahan Bendahara = 179.200 sekolah (82%)
  • Kepala Sekolah tidak memiliki akun = 47.822 sekolah (22%)
  • Bendahara tidak memiliki akun = 182.503 sekolah (83%)

Berikut merupakan data sekolah yang tersdeteksi belum melakukan pemutakhiran data akun dapodik untuk kepala sekolah dan bendahara dapat mengunduh disini.

Trisna Agustama
Operator | Writer | Netsurfer | Berkumpul dengan rekan seprofesi untuk berbagi tulisan yang dapat membantu dan menginspirasi orang lain.

One thought on “Pemutakhiran Akun Kepala Sekolah dan Bendahara BOS pada Dapodik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *