Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Urgensinya Bagi Pendidikan

infogtk.org – Pendidikan Karakter (character education): Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Urgensinya Bagi Pendidikan. Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Memahami character education adalah upaya manusia yang sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi siswa untuk membangun karakter pribadi mereka sehingga mereka dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan lingkungan mereka.

Character education adalah sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada siswa di mana ada komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai ini.

Character education sangat erat kaitannya dengan pendidikan moral di mana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara berkelanjutan untuk meningkatkan diri menuju kehidupan yang lebih baik.

Untuk lebih memahami apa arti Character Education, kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut yang telah admin Info GTK rangkum dari berbagai sumber:

Character Education Menurut T. Ramli

Menurut T. Ramli, pengertian character education adalah pendidikan yang menekankan esensi dan makna moral dan moral sehingga akan dapat membentuk kepribadian siswa yang baik.

Pendidian Karakter Menurut Thomas Lickona

Menurut Thomas Lickona, gagasan character education adalah upaya yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan menjalankan nilai-nilai etika inti.

Pendidian Karakter Menurut John W. Santrock

Menurut John W. Santrock, pendidikan karakter adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada siswa untuk menanamkan nilai-nilai moral dan memberikan pelajaran kepada siswa tentang pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang dilarang.

Pendidian Karakter Menurut Elkind

Menurut Elkind, gagasan character education adalah metode pendidikan yang dilakukan oleh pendidik untuk mempengaruhi karakter siswa. Dalam hal ini nampak bahwa guru tidak hanya mengajarkan materi pelajaran tetapi juga dapat menjadi contoh.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *