Pengamat Pendidikan Setuju Kalau Guru Tidak Perlu PNS, Setujukah ??

infogtk.org – Sahabat Info GTK, pengamat pendidikan setuju kalau guru tidak perlu berstatus PNS, Setujukah ?? guru dan bidan diusulkan agar tidak perlu berstatus PNS, tetapi cukup Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Permintaan itu datang dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.

Pengamat pendidikan Indra Chariamiadji mengaku mendukung wacana itu, terutama terkait status guru. Dia menilai, terlalu besar anggaran negara untuk menggaji guru PNS (Pegawai Negeri Sipil), sedangkan kinerjanya banyak di bawah standar.

“Menurut kajian yang dibuat Bank Dunia, salah satu penyebab besarnya biaya pendidikan tetapi mutu pendidikan Indonesia rendah adalah karena jumlah guru yang terlampau besar,” ujarnya saat dihubungi JPNN, Dia menambahkan, kajian itu dirilis pada 2013. Saat itu, kata dia lagi, rasio guru Indonesia sudah 1:12, lebih besar dari Amerika, Australia, Cina, Finlandia, dan lain-lain.

 

[artikel number=3 tag=”cpns” ]

“Dari sisi makro, jumlah guru yang besar ini membuat beban gaji juga sangat tinggi. Imbasnya adalah ketimpangan antara penghasilan guru PNS yang di DKI Jakarta rerata dua puluh jutaan, sedangkan guru swasta/honorer penghasilannya jauh di bawah upah minimum,” jelasnya.

Diterangkannya, jika beban gaji terlampau besar, kebutuhan lain seperti sarana dan prasarana sekolah tidak akan tercukupi. Secara mikro, dulu saat masih ada SBI/RSBI (sekolah bertaraf internasional) yang menjadi pengajar di sana dan hasilnya sangat baik, bukanlah guru-guru PNS.

Share This Post

Post Comment