Pengertian Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatif

Pengertian Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatifinfogtk.org – Hai sahabat Info GTK sekarang kita akan membahas tentang Mata Pelajaran PJOK yaitu Pengertian Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatif. Gerak Lokomotor pada dasarnya adalah sebuah gerakan yang berpindah tempat, dimana pada bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Pada prinsipnya Gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), Keterampilan lokomotor didefinisikan sebagai keterampilan berpindahnya individu dari satu tempat ke tempat yang lain.

Sebagian besar keterampilan lokomotor berkembang dari hasil dari tingkat kematangan tertentu, namun latihan dan pengalaman juga penting untuk mencapai kecakapan yang matang.

Ini adalah salah satu gerak dasar yang umum dipelajari pada mata pelajaran PJOK karena semua jenis olah raga pasti di dasari gerak dasar lokomot non lokomotor dan manipulaf, kemampuan gerak dasar harus dimiliki oleh anak – anak.

Karena gerak kebutuhan yang sangat penting untuk melaksanakan kehidupan sehari – hari dan dengan bergerak banyak manfaat kesehatan untuk tubuh seperti manfaat berenang untuk tubuh dan jiwa atau manfaat bersepeda untuk kesehatan.

Karena sehat itu sangat mahal mari kita biasakan berolah raga dan mengkonsumsi makan yang sehat dan bergizi, oke langsung saja kita bahas tentang Pengertian Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatif.

Baca Juga : Manfaat Renang Untuk Tubuh Dan Jiwa

Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatif

gerak dasar lokomotor1. GERAK DASAR LOKOMOTOR
Gerak dasar lokomotor adalah gerak dasar yang bisa berpindah tempat contoh nya seperti, berjalan, berlari, melompot dan masih banyak yang lainnya, gerak dasar ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya, gerak lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari siwa sedang melakukan gerak lokomotor seperti berjalan berlari dan melompat

Tujuan dari gerak dasar berjalan dan berlari adalah untuk meningkatkan gerak dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari – hari, guru dapat menjelaskan dan mencontohkan yang benar dengan gerakan atletik berlari berjalan dan melompat.

2. GERAK DASAR NON LOKOMOTOR
Gerak dasar Non lokomotor adalah gerak dasar yang tidak berpindah tempat contoh nya seperti jalan ditempat, menggoyangkan pinggul dan bahu meliuk, menekuk dan memutar dan yang paling sering dilakukan dengan gerakan non lokomotor ini adalah saat kita melakukan pemanasan atau stretching gerak dasar non lokomotor ini bisa lebih menyenangkan dalam melakukannya lebih baik di modifikasi kedalam permainan contoh nya seperti bermain hulahop

Baca Juga : Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan

3. GERAK DASAR MANIPULATIF
Gerak dasar manipulatif adalah gerak dasar yang bertujuan pada suatu objek atau benda yang dituju contoh seperti melempar, menangkap , menendang atau memukul gerak dasar manipulatif dapat dipraktekan ke dalam permainan seperti bola kasti, sepak bola, bola voli dan masih banyak yang lainnya.

Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatif

Keterampilan gerak lokomotor misalnya berlari cepat, mencongklang, meluncur, dan melompat sebaian orang merasa lebih sulit dilakukan karena merupakan kombinasi dari pola-pola gerak dasar yang lain. Keterampilan lokomotor akan membentuk dasar atau landasan koordinasi gerak kasar (gross skill) dan melibatkan gerak otot besar.

Oke sobat Info GTK itulah Pengertian Gerak Dasar Lokomotor Non Lokomotor Dan Manipulatif semoga bisa membantu sobat dalam pembelajaran PJOK …!!!

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *