Pengertian Pembelajaran Kontekstual

Pengertian Pembelajaran Kontekstual

infogtk.org – Apa sih pengertian pembelajaran konstekstual? Mengapa pembelajaran kontekstual akhir-akhir ini begitu digemari? Menurut Departemen Pendidikan Nasional (2003: 5) menyatakan: “Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL)” adalah konsep pembelajaran yang membantu guru menghubungkan materi yang diajarkan dengan situasi siswa di dunia nyata dan mendorong siswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang mereka miliki dengan aplikasi mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka, yang melibatkan tujuh komponen.

Pelajaran yang efektif, yaitu: konstruktivisme (konstruktivisme), bertanya (Questioning), menemukan (Enquiry), komunitas belajar (Learning Community), pemodelan (Modeling), refleksi (refleksi) dan penilaian aktual (Authentic Assessment).

Jadi, pendekatan kontekstual adalah konsep pembelajaran yang menghubungkan materi pelajaran dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dituntut untuk menemukan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan baru sesuai dengan pengetahuan yang mereka miliki. Dengan demikian, siswa akan lebih memahami dan menafsirkan pengetahuan itu.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *