Pengertian Pembelajaran Kontekstual

Apa yang dimaksud dengan Contextual Teaching and Learning (CTL)?

Pengajaran dan Pembelajaran secara Kontekstual (CTL) adalah pendekatan pembelajaran yang menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, dengan pendekatan kontekstual diharapkan hasil belajar dapat lebih bermakna bagi siswa, sehingga siswa dapat menerapkan hasil belajar mereka dalam kehidupan mereka di jangka panjang.

Pendekatan pembelajaran secara kontekstual memprioritaskan kegiatan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa dapat menemukan konsep tentang materi pembelajaran dan menghubungkan konsep-konsep ini dengan situasi dunia nyata mereka.


Seperti yang dikemukakan oleh Elaine B. Johnson bahwa kekuatan, kecepatan, dan kecerdasan otak (IQ) tidak dapat dipisahkan dari faktor lingkungan atau faktor konteks, karena terdapat antarmuka antara otak dan lingkungan.

Pendekatan pembelajaran kontekstual mendorong siswa untuk selalu aktif dalam menemukan konsep dan menghubungkan pengalaman yang dimiliki siswa dengan materi yang dipelajari. Ini konsisten dengan “pembelajaran spiral” sebagai konsekuensi dari proposisi J. Bruner.

Dalam matematika, misalnya, setiap konsep saling terkait dengan konsep lain, dan konsep menjadi prasyarat untuk konsep lain. Jadi siswa harus diberi lebih banyak kesempatan untuk membuat koneksi ini. Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual adalah proses pendidikan holistik dan bertujuan untuk memotivasi siswa dan timbulnya pendidikan karakter dalam diri sesorang.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *