Pengertian Pembelajaran Kontekstual

Pembelajaran ini digunakan untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajari dalam konteks kehidupan sehari-hari siswa (konteks pribadi, sosial, dan budaya), sehingga siswa memiliki pengetahuan yang dapat diterapkan secara fleksibel dari satu konteks ke konteks lainnya.

Dengan pendekatan pembelajaran secara kontekstual siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal untuk menyelesaikan masalah kehidupan mereka di masyarakat. Siswa adalah generasi yang siap menghadapi dan memecahkan masalah di masa depan sehingga mereka perlu dilatih mulai sekarang.

Menurut S. Nasution pemecahan masalah adalah metode pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk menemukan jawaban (penemuan) tanpa bantuan khusus. Masalah yang diselesaikan, ditemukan sendiri tanpa bantuan khusus akan memberikan hasil yang lebih unggul daripada memecahkan masalah yang mendapat bantuan khusus.

Dengan demikian pendekatan pembelajaran secara kontekstual untuk belajar adalah pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep dan mengaitkan konsep yang dipelajari dengan pengalaman mereka sebagai pengetahuan prasyarat untuk membangun konsep baru.

Dengan pendekatan pembelajaran kontekstual pembelajaran akan menjadi lebih bermakna dan siswa dapat menerapkan konsep yang dipelajari dengan kehidupan nyata mereka untuk menyelesaikan masalah kehidupan di lingkungan mereka. Nah itulah pengertian pembelajaran kontesktual yang perlu Anda ketahui.

Sahabat Info GTK demikianlah uraian singkat mengenai Pengertian Pembelajaran Kontekstual semoga bermanfaat.

Akhmad Syadzili Fadhli
Operator Dapodik Sekolah di SD Negeri Periuk 5 Kota Tangerang | Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *