Penjelasan Rumah Adat Bangka Belitung

Provinsi kepulauan bangka belitung sendiri berada di dekat pulau sumatra. Halaman rumah adat belitung luas dan asri.

Rumah Adat Provinsi Maluku Utara Sasadu Pewarta Nusantara

Ciri khas rumah adat bangka belitung.

Penjelasan rumah adat bangka belitung. Bahan yang dipakai untuk pembangunan rumah adat panggung berupa kayu rotan bambu daun kering akar pohon dan alang alang. Rumah adat bangka belitung yaitu rumah adat yang bernama rumah panggung. Rumah adat bangka belitung provinsi kepulauan bangka belitung berdekatan dengan pulau sumatra salah satu tempat penghasilan timah terbesar di dunia.

Hingga saat ini masyarakat bangka belitung masih memegang erat budaya yang diwariskan oleh nenek moyang mereka termasuk dalam pembangunan rumah adat. Selain kaya dengan timah bangka belitung juga kaya akan. Secara umum arsitektur di kepulauan bangka belitung bercirikan arsitektur melayu seperti yang ditemukan di daerah daerah sepanjang pesisir sumatra dan malaka di daerah ini dikenal ada tiga tipe arsitektur yaitu arsitektur melayu awal melayu bubung panjang dan melayu bubung limas.

Rumah adat bangka belitung adalah bangunan rumah tradisional yang berada di provinsi kepulauan bangka belitung. Ciri khas rumah rumah di bangka lantai dalam ruangan utama ditutupi alas tikar. Dimana rumah panggong atau panggung adalah ikon etnik dari masyarakat bangka belitung.

Fakta rumah adat bangka belitung rumah adat bangka belitung berdiri di atas tanah seluas kurang dari 500 meter persegi. Salah satu ciri khas rumah adat belitung ruang utama terbuka tanpa ada sekat sekat. Pada tanggal 9 februari 2001.

Banyak budaya yang masih sangat kental dengan adat dari melayu ini juga terlihat dari rumah adat bangka belitung. Rumah adat bangka belitung dipakai sebagai hunian masyarakat bangka belitung karena di dalamnya telah terdapat ruangan ruangan seperti kamar tidur dapur kamar mandi dan ruang utama. Diresmikan pada tanggal 9 februari 2001 provinsi ini memiliki 470 pulau kecil dan 2 pulau besar pulau bangka dan pulau belitung.

Adapun bagian dalam rumah terdiri atas rumah induk atau ibu dan juga rumah dapur. Pada umumnya bangunan tradisional hampir selalu dijumpai berdiri dengan 9 tiang. Provinsi ini di resmikan memiliki 470 pulau kecil dan 2 pulau besar yaitu pulau bangka dan pulau belitung.

Rumah panggung bangka belitung juga memiliki beranda yang ada di depan rumah dan jumlah jendela atau bukaan yang banyak. Tiang dan lantainya terbuat dari kayu dindingnya terbua dari bambu atau kulit kayu sementara atapnya terbuat dari daun rumbia dan ijuk. Dari ulasan dan penjelasan tentang struktur rumah dan juga adat istiadat serta nilai kebudayaan masyarakat setempat.

Dapur memiliki fungsi untuk memasak menyimpam persediaan makanan dan juga bisa untuk menyimpan alat alat yang biasa digunakan untuk bertani atau bercocok tanam. Ciri khas dari rumah adat bangka belitung ini dibandingkan dengan rumah panggung lainnya ada pada gaya bangunan yang memadukan gaya melayu awal melayu bubungan panjang dan melayu bubungan limas. Rumah panggung bangka belitung dipengaruhi oleh falsafah 9 tiang.

Sama seperti kebanyakan rumah adat dari budaya melayu lainnya rumah panggung khas bangka belitung juga secara keseluruhan terbuat dari bahan alam.

45 Rumah Adat Di Indonesia Gambar Penjelasan

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Asal Penjelasan Gambar Lengkap

Rumah Adat Bangka Belitung Nama Gambar Struktur Bangunan

37 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan

34 Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasan

40 Rumah Adat Di Indonesia Lengkap Dengan Gambar Dan Penjelasan

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan Tongkonan Pewarta Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *