Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Zonasi Pendidikan Segera Diterbitkan

Penegakan Aturan dan Pengawasan

Staf Ahli Mendikbud bidang Regulasi menegaskan bahwa cukup banyak pemerintah daerah yang melakukan penyimpangan terhadap penerapan aturan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) mengenai PPDB ini. “Hal ini dapat menyebabkan kebingungan pada masyarakat terkait aturan PPDB. “Kok tidak sama antara yang disosialisasikan dengan yang ditemui di lapangan,” ujarnya. Zonasi yang diterapkan Pemda juga tidak memperhitungkan daya tampung sekolah dengan jumlah anak yang lulus dari jenjang sebelumnya, imbuhnya.

Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI), Ahmad Su’adi, menyampaikan apresiasinya kepada Kemendikbud yang telah menerbitkan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 pada bulan Desember 2018. Sehingga Pemda memiliki waktu enam bulan untuk persiapan dan melakukan sosialisasi ke masyarakat. “Beberapa Kepala Daerah masih melakukan modifikasi sistem zonasi yang menyimpang dari tujuan utama sistem tersebut,” katanya.

Penerapan kebijakan zonasi sebagai bentuk upaya dalam peningkatan pemerataan akses pendidikan yang berkeadilan hendaknya dapat ditindaklanjuti Pemda dengan pemerataan fasilitas dan akses. “Yang penting sekarang ini agar masalah terkait disinformasi dan tidak adanya peta zonasi agar segera diselesaikan. Tanpa harus mengubah sistem zonasinya sendiri,” kata Ahmad Su’adi.

Peta Zonasi Pendidikan

Kemendikbud telah memetakan 2.580 Zona di seluruh Indonesia

  1. Acuan pada titik Lokasi Satuan Pendidikan SD, SMP dan SMA
  2. Metode menggunakan Radius terdekat dengan Titik Pusat Zona pada masing jenjang yang memenuhi Akreditasi A atau B dan UN diatas rata-rata Nasional

Untuk melihat keseluruhan peta zonasi pendidikan seluruh provinsi di Indonesia silahkan akses pada laman berikut : http://zonasi.data.kemdikbud.go.id di halaman selanjutnya masukkan NPSN Sekolah anda kemudian klik tombol cari. seperti penampakkan dibawah ini.

Perpres Zonasi Guru Segera Diterbitkan Landasan Zonasi Pendidikan

Selanjutnya akan tampil informasi zona sekolah dan data tabular. Setelah admin coba lakukan tes pada beberapa fitur masih ada yang dalam prpses perbaikan/pengembangan.

Demikianlah informasi tentang Peraturan Presiden (Perpres) Tentang Zonasi Pendidikan Segera Diterbitkan. Jika nantinya perpres telah terbit akan admin Infogtk share melalui blog ini. Semoga bermanfaat.

Share This Post

Post Comment