Prosedur Memperbaiki Data Siswa Dapodik Terkunci

Prosedur Memperbaiki Data Siswa Terkunci Dapodik

infogtk.org – Sahabat Info GTK berikut ini kami uraikan informasi yang dimaksud dengan Prosedur Memperbaiki Data Siswa Dapodik Terkunci, adapaun yang dimasud dengan ini adalah melakukan proses perubahan data siswa yang terkunci oleh sistem dengan Prosedur aturan yang ditentukan, yaitu merubah data siswa seperti Nama, Tgl Lahir siswa, nama ibu tersebut pada aplikasi dapodik dengan mengajukan perubahan data pada menu edit data disitus Verval PD.

Belakangan ini hampir banyak sahabat operator melakukan jalan cepat menggunkan aplikasi lain dengan cara pintas menggunakan cara inspect element. Perubahan data seperti pada aplikasi dapodik memang bisa dilakukan dengan cara tersebut, akan tetapi perubahan yang terjadi hanya bersifat lokal atau terbatas pada aplikasi dapodik yang terinstal di komputer saja. namun data yang berada di server pusat tetap tidak berubah karena untuk merubahnya harus melalui Prosedur yang telah ditentukan oleh sisitem yaitu dengan melakukan pengajuan edit data melalui Verval PD.

Jika Perubahan data pada aplikasi dapodik dengan sistem inspect element, apabila dipaksakan bisa berpotensi menimbulkan data ganda pada server sehingga bukan menyelesaikan masalah akan tetapi menambah masalah baru dikemudian hari. Untuk operator sekolah yang telah terlanjur memakai metode inspect element kami sarankan untuk segera melakukan perubahan data sesuai dengan prosedur yang ditentukan.


Memang cara ini  bisa disebut lebih ribet dengan upload data dan masih harus menunggu perubahan disetujui oleh PDSP akan tetapi    cara ini aman dan tidak berpotensi menimbulkan masalah selanjutnya.

Syarif Hidayatullah
Operator SDN Periuk 3 Kota Tangerang | Pembina Pramuka | Guru Spritual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *