Rumah Adat Asmat

Suku asmat merupakan suku yang tinggal di daerah pedalaman lokasi tempat mereka tinggal juga dekat dengan pantai. Suku asmat indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keberagaman suku di dalamnya.

Pin Di News

Meskipun memang jumlahnya sendiri semakin lama semakin mengalami penurunan dikarenakan pengaruh budaya modern yang ada di indonesia.

Rumah Adat Asmat. Berbagai macam suku tinggal di indonesia mulai dari sabang hingga ke merauke. Panjang rumah suku asmat ini bisa mencapai berpuluh puluh meter bahkan ada yang sampai 50 meter dengan lebar belasan meter. Rumah adat kebudayaan tarian beserta adat istiadatnya.

Rumah adat jew merupakan satu dari rumah adat milik suku asmat yang mendiami pulau papua. Rumah bujang adalah bangunan yang bisa digunakan untuk kegiatan religius maupun non religius. Rumah adat merupakan bangunan yang cukup panjang untuk bangunan kayu namun berdirnya bangunan sepanjang itu merupakan gambaran adanya persatuan dan nilai kegotong royongan yang dimiliki oleh masyarakat asmat.

Suku asmat memberi nama rumah bujang sesuai amrga pemilikinya. Selain tu rumah ini juga difungsikan untuk berkumpul keluarga. Rumah jew ini sebagai tempat dibicarakannya atau didiskusikannya segala urusan yang menyangkut kehidupan warga mulai dari rapat adat tempat membuat kerajinan tangan dan ukiran kayu tempat perencaan perang hingga keputusan menyangkut desa mereka sekaligus tempat tinggalnya para laki laki bujang suku asmat sehingga dikenal dengan rumah bujang.

Sejarah suku asmat adat istiadat suku asmat bahasa suku asmat pakaian adat suku asmat dan kesenian suku asmat secara lengkap. Biasa disebut dengan jew ternyata rumah adat ini juga memiliki nama lain seperti je jeu dan yeu. Tidak sembarang orang boleh menyentuh noken.

Salah satu keunikannya adalah bentuk atapnya yang melengkung dan terbuat dari bahan ijuk. Terletak di distrik agats kabupaten asmat rumah adat jew sarat akan makna dan memiliki keunikan yang tidak dapat ditemukan di daerah lain. Rumah adat suku asmat suku asmat merupakan salah satu suku yang ada di papua dan sampai sekarang ini masih eksis keberadaannya.

Bentuk rumah adat suku asmat sangat unik dan mudah diingat karena berbeda dengan jenis rumah adat lainnya. Di dalam rumah adat yang juga disebut dengan rumah bujang ini tersimpan senjata suku asmat yakni tombak panah untuk berburu dan noken. Suku asmat mempunyai rumah adat yang bernama jew atau sering disebut dengan rumah bujang rumah adat jew ini berbentuk rumah panggung dengan luas umumnya 10 15 meter namun ada juga yang panjangnya sampai 50 meter dengan lebar belasan meter.

Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas secara lengkap tentang suku asmat yang terdiri dari. Sejarah adat istiadat bahasa rumah adat dan pakaian adat beserta keseniannya lengkap suku asmat merupakan salah satu suku yang ada dipulau papua. Dari sekian banyak suku yang ada di indonesia suku asmat menjadi salah satu suku yang mungkin sering anda.

Pin Di Beautiful Indonesia

77 Gambar Rumah Adat Provinsi Papua Rumah Honai Hd Terbaik Traditional House Indonesian House Types Of Houses

Traditional House Of Karo North Sumatra Arsitektur Bangunan Indonesia

Uma Lulik Traditional Sacred Houses Of East Timor East Timor Timor House

11 Beautiful Types Of Houses In Olden Days Types Of Houses Vernacular Architecture Culture Of Indonesia

21 Gambar Rumah Adat Sulawesi Barat Rumah Arsitektur Ide Dekorasi Rumah

Rumah Adat Or Traditional Houses Of Indonesia By Kauwan On Deviantart Arsitektur Vernakular Arsitektur Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *