Rumah Adat Atakkae

Rumah adat atakkae adalah kawasan wisata rumah adat yang terletak di kelurahan atakkae kecamatan tempe. Letaknya yang masih terbilang dekat dari kota sengkang sekitar kurang lebih 7 km.

Pembenahan Rumah Adat Atakkae Wajo Akhirnya Terakomodir Di 2021 Suaraya News

Pemkab dan dprd wajo sepakat mengakomodir pembenahan rumah adat atakkae pada apbd tahun anggaran 2021.

Rumah adat atakkae. Wajo suaraya news sempat disorot warga karena terkesan diabaikan salah satu ikon kota sengkang kabupaten wajo yakni kawasan rumah adat atakkae akhirnya mulai dibenahi pada 2021. Rumah adat madura dan penjelasannya. Kawasan rumah adat atakkae merupakan salah satu aset budaya dan pariwisata kabupaten wajo.

Di dalam kawasan ini terdapat beberapa rumah rumah adat tradisional yang berasal dari berbagai kecamatan di kabupaten wajo. Negeri ini memiliki lebih dari 1 000 suku bangsa jika merujuk sensus penduduk oleh badan pusat statistik bps tahun 2010. Terletak di kelurahan atakkae kecamatan tempe kabupaten wajo provinsi sulawesi selatan indonesia atau tepatnya sebelah timur kota sengkang ibukota kabupaten wajo.

Padahal ini merupakan aset dan salah satu lahan pad pemkab wajo sesal masse. Tiap tiangnya berdiameter 1 45 meter dan 0 45 meter. Memiliki sebutan lain rumah adat 101 tiang karena pada dasarnya ditopang oleh 101 buah tiang.

Padahal kawasan rumah adat atakkae ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat wajo umumnya dan sengkang khususnya. Rumah adat atakkae wajo sumber. Namun rumah adat di indonesia tak hanya di atakkae.

Kabupaten wajo rumah adat ini dibangun pada tahun 1995. Sangat disayangkan pemkab wajo tak mengurus kawasan tersebut dan kesan terabaikan tanpa sentuhan pemerintah untuk mengurusnya. Dua rumah adat kecamatan yang terbakar yakni rumah adat kecamatan sajoanging dan kecamatan pitumpanua di kawasan wisata itu memang tidak berpenghuni.

Ada dua atap besar yang terdapat di bagian depan dan bagian belakang sedangkan satu atap kecil yang menaungi tangga pintu masuk ke dalam rumah. Ketua komisi lv dprd wajo ad mayang membenarkan anggaran untuk pembenahan kawasan rumah adat. Rumah adat atakkae sengkang sulawesi selatan tingginya sekitar 8 meter dari tanah hingga lotengnya dengan desain khas rumah panggung bahan baku 100 persen dari kayu dan lebarnya sekitar 21 meter.

Atakkae adalah sebutan untuk rumah rumah adat yang ada di sengkang. Rumah ini memang memiliki desain paling besar di antara rumah atakkae lainnya.

Rumah Adat 101 Tiang Kompasiana Com

Rumah Adat Atakkae

Wisata Budaya Rumah Adat Atakkae Verdant

Dua Rumah Adat Di Kawasan Rumah Adat Atakkae Sengkang Terbakar Youtube

Rumah Adat Atakkae Wajo Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat Atakkae Wajo Ir Cinematic Youtube

Kawasan Rumah Adat Atakkae Wajo Terkesan Diabaikan Suaraya News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *