Rumah Adat Bangka Belitung

Rumah adat bangka belitung bangka belitung adalah salah satu provinsi di indonesia yang terletak di sebelah timur pulau sumatera berdekatan dengan provinsi sumatera selatan. Rumah adat bangka belitung mewarisi gaya arsitektur melayu awal melayu bubungan limas dan juga rumah melayu bubung panjang.

Maket Pagar Rumah Minimalis Maket Pionering Rumah Maket Rumah Ramah Lingkungan Miniatur Rumah Rumah Flanel Rumah

Seperti daerah bangka belitung.

Rumah Adat Bangka Belitung. Rumah adat bangka belitung berdiri di atas tanah seluas kurang dari 500 meter persegi. Ciri khas rumah rumah di bangka lantai dalam ruangan utama ditutupi alas tikar. Dimana rumah panggong atau panggung adalah ikon etnik dari masyarakat bangka belitung.

Selain kaya dengan timah bangka belitung juga kaya akan. Provinsi kepulauan bangka belitung sendiri berada di dekat pulau sumatra. Provinsi ini di resmikan memiliki 470 pulau kecil dan 2 pulau besar yaitu pulau bangka dan pulau belitung.

Rumah limas bangka belitung ini merupakan adopsi dari rumah tradisional asal sumatra selatan. Salah satu ciri khas rumah adat belitung ruang utama terbuka tanpa ada sekat sekat. Hal ini juga pengaruh oleh masyarakat palembang yang merantau ke bangka belitung dan membawa budaya mereka ke sana.

Bahan yang dipakai untuk pembangunan rumah adat panggung berupa kayu rotan bambu daun kering akar pohon dan alang alang. Rumah panggung merupakan rumah adat khas masyarakat bangka belitung ini sama sekali belum tercampur atau terpengaruh dari budaya luar. Rumah adat belituing rumah limas.

Banyak budaya yang masih sangat kental dengan adat dari melayu ini juga terlihat dari rumah adat bangka belitung. Rumah ini juga mengambil sedikit sentuhan eropa masa kolonial dan dipadukan dengan gaya. Provinsi bangka belitung terdiri atas 2 pulau besar yakni pulau bangka dan pulau belitung serta 470 pulau kecil yang menyebar terpisah.

Bangka belitung merupakan provinsi di bagian timur dari provinsi sumatera. Ciri khas dari rumah adat bangka belitung ini dibandingkan dengan rumah panggung lainnya ada pada gaya bangunan yang memadukan gaya melayu awal melayu bubungan panjang dan melayu bubungan limas. Rumah panggung bangka belitung juga memiliki beranda yang ada.

Rumah melayu awal berupa rumah panggung dengan bahan utama kayu rotan bambu daun daun akar pohon dan atau juga alang alang rumah panggung dari melayu awal ini memiliki atap yang tinggi dan sedikit miring. Rumah adat bangka belitung adalah bangunan rumah tradisional yang berada di provinsi kepulauan bangka belitung. Dan untuk desain arsitekturnya merupakan perpaduan dari budaya melayu awal melayu panjang dan juga melayu bubungan limas yang dipadukan dengan seiringnya berkembangan zaman.

Salah satu warisan budaya setempat yang sampai saat ini masih terus dijaga dan dilestarikan. Provinsi yang juga merupakan kepulauan ini dibagi menjadi dua yaitu bangka dan belitung. Diresmikan pada tanggal 9 februari 2001 provinsi ini memiliki 470 pulau kecil dan 2 pulau besar pulau bangka dan pulau belitung.

Rumah adat bangka belitung provinsi kepulauan bangka belitung berdekatan dengan pulau sumatra salah satu tempat penghasilan timah terbesar di dunia. Pada tanggal 9 februari 2001. Adat istiadat dan budaya di setiap daerah di indonesia beraneka ragam.

Tradisi Roko Molas Poco Dalam Pembangunan Rumah Adat Tanggar Ntt Budaya Seni

Gambar Rumah Kampung Tradisional Traditional Architecture Home Village Houses

21 Gambar Rumah Adat Maluku Desain Produk Desain Desain Rumah

45 Desain Rumah Joglo Khas Jawa Tengah Indonesia Adalah Negara Yang Besar Negara Yang Terdiri Dari Ratusan Ribu Pulau Y Desain Rumah Arsitektur Rumah Gazebo

Indonesian Traditional House Rumah Adat Panggung Bangka Belitung Traditional House House Colouring Pages Colouring Pages

Rumah Adat Batak North Sumatra Indonesia Arsitektur Vernakular Indonesia Arsitektur

Tulis Cerita Traveling Kamu Di Yoexplore Co Id Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *