Rumah Adat Dulohupa

Bangunan rumah dulohupa memiliki bagian bagian khas yang menunjukan bahwa rumah dulohupa sebagai tempat bermusyawarah dan representasi dari masyarakat gorontalo. Dulohupa memiliki bentuk rumah panggung dengan badan terbuat dari papan dan struktur atapnya bernuansa daerah gorontalo.

Teratas 21 Gambar Rumah Adat Gorontalo 48 Dengan Tambahan Ide Pengaturan Dekorasi Rumah Dengan 21 Gambar Rumah Adat Gorontalo Arcadia Design Architect

Pada bagian belakang ada ajungan tempat para raja dan kerabat istana beristirahat atau bersantai sambil melihat kegiatan remaja istana bermain sepak raga.

Rumah Adat Dulohupa. Pada masa lampau kerabat kerajaan menggunakan rumah ini untuk bermusyawarah. Biasanya oleh penduduk terkenal dengan sebutan nama yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo. Jika ditelaah dari makna harfiah doluhapa memiliki arti mufakat.

Dalam artian secara harfiah dulohupa memiliki makna mufakat. Pada rumah adat dulohupa terdapat beberapa jenis pilar yaitu pilar utama atau wolihi berjumlah 2 buah pilar depan berjumlah 6 buah dan pilar dasar atau potu berjumlah 32 buah. Rumah adat gorontalo dulohupa ini berasal dari kelurahan limba kecamatan kota selatan kota gorontalo provinsi sulawesi utara.

Bagi anda yang tertarik untuk memperoleh wawasan budaya tentang kedua rumah adat ini silakan simak pembahasan berikut. Rumah adat dulohupa memiliki banyak pilar pilar kayu. Rumah adat dulohupa disebut juga dengan yilada dulohupa lo ulipu hulondhalo.

Sulawesi 2020 karya tri yulianto rumah adat dulohupa adalah sebuah balai musyawarah dari kerabat kerajaan. Dulu bangunan ini digunakan sebagai tempat musyawarah untuk mufakat oleh masyarakat sekitar terhadap masalah masalah yang terjadi saat pemerintahan kerajaan gorontalo. Dikutip dari buku ayo mengenal indonesia.

Dulohupa adalah rumah adat atau rumah tradisional indonesia yang berasal dari kelurahan limba kecamatan kota selatan kota gorontalo provinsi sulawesi utara. Konstruksi papan kayu tebal 15cm material dinding. Penduduk gorontalo menyebut dulohupa dengan nama yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo.

Rumah adat dulohupa adalah salah satu rumah tradisional yang ada di provinsi gorontalo. Rumah adat dulohupa unit informasi sub informasi gambar fisik rumah keterangan 1 organisas i ruang a. Adat gorontalo tabel 1.

Coklat muda b dulohupa material lantai. Saat ini rumah adat dulohupa berada di kelurahan limba kecamatan kota selatan kota gorontalo. Rumah adat gorontalo nah dikesempatan artikel kali ini kami akan mengulas kedua rumah adat gorontalo tersebut secara lengkap mulai dari gaya arsitektur struktur bangunan fungsi serta penjelasannya.

Kayu tebal 3cm warna cat. Sebagai lambang dari rumah adat gorontalo dulohupa memiliki hiasan berupa pilar pilar kayu sedangkan sebagai simbol tangga adat at. Fungsi utamanya yang menjadi tempat bermusyawarah rumah doluhapa menghasilkan banyak kesepakatan dengan berbagai pihak.

Konstruksi papan kayu material plafon. Selain sebagai penyokong karena bentuknya berupa rumah panggung pilar pilar tersebut juga memiliki makna tersendiri. Dulohupa merupakan rumah panggung yang terbuat dari papan dengan bentuk atap khas daerah gorontalo.

Tepatnya di seputaran jalan pulau kalengkoan jalan agus salim serta jalan tras limboto isimu. Contoh rumah adat dulohupa terletak di kecamatan kota selatan kota gorontalo. Oleh karena itulah bangunan adat ini menjadi tempat yang penting.

Pemberian nama dulohupa ini karena bangunannya berfungsi sebagai. Palepelo adati dan dulodehu material lantai.

Rumah Adat Gorontalo Gps Wisata Indonesia

Ciri Khas Rumah Adat Gorontalo Dulohupa Verdant

2 Rumah Adat Gorontalo Nama Penjelasan Gambar

2 Jenis Rumah Adat Gorontalo Khas Sulawesi Utara Penjelasannya

2 Rumah Adat Khas Gorontalo Celebes

Rumah Adat Gorontalo Inacraft News

Rumah Adat Gorontalo Dan Penjelasannya Verdant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *