Rumah Adat Sasadu

Rumah adat suku sahu yang tinggal di wilayah halmahera bagian barat adalah rumah adat sasadu ini. Rumah daerah maluku utara adalah sasadu tipenya rumah panggung dengan keunikan jumlah pintu yang ada sebanyak 6 pintu dengan fungsi yang berbeda beda.

Rumah Adat Maluku Melihat Desain Arsitektur Dan Keterangan

Akan tetapi rumah sasadu lebih besar dari rumah penduduk di sekitarnya.

Rumah adat sasadu. Suku sahu di maluku merupakan suku paling tua di wilayah halmahera tersebut. Rumah sasadu dibangun dengan arsitektur yang mencerminkan adat istiadat suku sahu. Rumah adat sasadu di kecamatan sahu.

Rumah adat sabua bahasa melayu maluku atau sasadu bahasa sahu mempunyai makna budaya yang penting. Rumah adat maluku utara sebelum membahas tentang filosofi dan arsitekturnya perlu kita ketahui bahwa rumah adat sasadu bukanlah desain rumah yang berfungsi sebagai tempat tinggal. Di halmahera barat rumah ini lazim ditemui di setiap desa penggunaan sasadu sebagai lokasi pertemuan masyarakat biasanya terkait dengan diselenggarakannya berbagai acara.

Rumah adat yang disebut sasadu ini diambil dari bahasa asli suku sahu yang berarti sudah berkembang atau menjadi sebuah kampung. Diketahui rumah sasadu yang paling besar ukurannya adalah 9 x 6 meter. Rumah adat sasadu adalah rumah terbuka yang tidak memiliki dinding namun memiliki banyak pintu.

Rumah ini dibuat pendek agar setiap orang bisa dengan mudah masuk ke dalamnya. Desain tersebut memiliki nilai filosopi bahwa masyarakat suku sahu dan masyarakat provinsi maluku utara adalah orang orang yang sangat terbuka karena mereka mau menerima para pendatang dengan baik tanpa membeda bedakan nya. Rumah adat sasadu merupakan rumah adat yang diwariskan oleh leluhur suku sahu di pulau halmahera barat maluku utara.

2 pintu digunakan khusus untuk kaum laki laki kemudian 2 pintu selanjutnya khusus untuk kaum perempuan dan sisa 2 pintu digunakan untuk. Rumah adat ini sejak awal ada lebih berfungsi sebagai balai adat atau tempat pertemuan bagi seluruh masyarakat suku sahu saat ada kegiatan adat. Sasadu berasal dari kata sasa sela lamo atau besar dan tatadus tadus atau berlindung sehingga sasadu memiliki arti berlindung di rumah besar.

Filosofi rumah sasadu. Di rumah ini masyarakat adat sahu biasa berkumpul dalam pertemuan pertemuan. Rumah sasadu sering ditemukan di hampir setiap desa dengan fungsi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat dan menjadi tempat untuk bermusyawarah.

Sebab sebelumnya rumah adat ini berawal dari sebuah gubuk kecil. Pada waktu masyarakat sahu hidup ditengah tengah kebun mereka masyarakat datang berkumpul di desa hanya pada saat saat diadakan upacara adat saja abdurahman 1996. Sasadu merupakan rumah adat suku bangsa sahu di halmahera barat yang juga merupakan suku bangsa asli dan tertua yang ada di daerah tersebut.

Jailolo saat liburan ke halmahera barat maluku utara traveler akan melihat banyak sekali rumah adat berbentuk unik yang disebut sasadu. Ini bukan rumah adat sembarangan melainkan. Rumah adat maluku utara sasadu.

Rumah Adat Provinsi Maluku Utara Sasadu Pewarta Nusantara

21 Gambar Rumah Adat Maluku Utara Di 2020 Rumah Ide Dekorasi Rumah Rumah Nyaman

6 Jenis Rumah Adat Riau Yang Punya Ciri Khas

21 Gambar Rumah Toraja Rumah Arsitektur Desain Rumah

Rumah Adat Maluku Nama Ciri Khas Dan Penjelasannya

Rumah Adat Sasadu Archives Sanfordfumc Org

Rumah Adat Maluku Beserta Penjelasannya Gambar Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *