Rumah Adat Suku Makassar

Namun keunikan rumah adat sulawesi selatan ini memiliki tiga bagian yang masing masing bagiannya juga mempunyai nilai filosofis tersendiri dan akan kami jelaskan satu per satu di bawah ini. Rumah adat bugis merupakan bangunan khas suku bugis yang juga bagian dari suku suku melayu deutro.

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Bugis Mandar Makassar Toraja Luwuk

Tapi bisa kita lihat perbedaannya yang ada pada bagian teras lego yang lebih besar.

Rumah Adat Suku Makassar. Rumah adat suku makassar yang mana masyarakat makassar menyebut rumah tersebut dengan sebutan balla. Tinggi rumah adat suku makassar atau balla ini biasanya sekitar tiga meter di atas tanah. Rumah adat suku mandar mempunyai bentuk yang sama dengan rumah adat bugis dan makassar.

Mengenal rumah adat suku makassar cerita tentang balla atau rumah adat suku makassar dibaca. Strukturnya berupa rumah panggung dengan tinggi mencapai 3 meter dari permukaan tanah. Tiap daerah punya rumah adat khas begitu pula dengan suku makassar.

Rumah adat suku toraja. Karakteristik keunikan rumah adat balla yang lain ada pada atapnya. Gambar 1 kesinambungan makrokosmos dalam konstruksi dasar rumah tradisional suku makassar sumber.

Kota makassar sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang dalam perjalanan bangsa indonesia dengan adanya ragam suku bangsa seperti bone dan mandar duri dan juga pattinjo dan juga beberapa suku lainnya. Tiap rumah adat tentu memiliki nama atau julukan untuk mempermudah membedakan satu sama lain seperti yang dibahas diatas bahwa indonesia memiliki beragam suku. Nama bugis sendiri berasal dari kata ugi yang merujuk pada la sattumpugi nama raja dari cina yang berkuasa di daerah pammana kabupaten wajo.

Selain itu kalau kita melihat atapnya maka bentuknya seperti ember yang miring ke depan. Puncak atap rumah balla sebagai tanda derajat kebangsawanan disebut timbaksela. Rumah ini disangga dengan 5 kayu penyangga ke arah belakang dan 5 penyangga lainnya ke arah samping.

Terdapat 5 kayu penyangga yang mengarah ke belakang dan 5 kayu penyangga yang mengarah ke samping. Wunas dkk 2005 lebih lanjut nilai religi yang tercermin dalam konstruksi rumah suku makassar adalah pandangan bahwa dunia terdiri dari tiga bagian yakni dunia atas tengah dan bawah. Rumah suku makassar berbentuk seperti panggung yang biasanya memiliki tinggin 3 meter dari tanah.

Rumah adat suku mandar. Maka dalam bahasa makassar rumah adat diatas disebut dengan sebutan balla red. Rumah dalam bahasa makassar disebut balla berbentuk rumah panggung dengan kayu sebagai penyangganya.

Rumah tradisional makassar disebut sebagai balla atau balla lompoa. Atap balla berbentuk menyerupai pelana dengan sudut runcing ke arah bawah. Rumah adat suku makassar.

Desain rumah adat ini terlihat serupa dengan rumah adat suku makassar yakni berbentuk panggung. Rumah adat sulawesi selatan sulawesi selatan yang merupakan ibu kota makassar yang dikenal sebagai salah satu kota yang paling terkenal di wilayah indonesia tengah. Rumah adat ini bentuknya berupa rumah panggung yang memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter yang disangga oleh tiang tiang yang.

5 Jenis Rumah Adat Sulawesi Yang Masih Ada Hingga Saat Ini

7 Rumah Adat Bugis Makassar Nama Penjelasan Gambar

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Yang Kaya Akan Filosofi Budaya

Sig On Twitter Setiap Rumah Adat Di Indonesia Biasanya Memiliki Nilai Filosofis Tersendiri Salah Satunya Rumah Tradisional Suku Bugis Makassar Rumah Adat Mereka Memiliki Nilai Menyerupai Anatomi Tubuh Manusia Dibagi Menjadi Tiga

55 Rumah Adat Suku Makassar Terbaru Koleksi Gambar Rumah Terlengkap

Daeng Celebes Rumah Adat Makassar

Mengenali Rumah Adat Bugis Makassar Makassar Guide Panduan Wisata Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *