Rumah Adat Suku Toraja Di Sulawesi Selatan Disebut

Keragaman suku itu dan penyebarannya tercantum dalam tabel berikut. Menurut catatan budaya yang kami miliki nama rumah adat toraja disebut juga dengan rumah tongkonan.

Kumpulan Berbagai Rumah Adat Sulawesi Selatan

Tongkonan berdiri di atas tumpukan kayu yang biasanya ukiran yang terdapat pada tongkonan ini memiliki 3 warna yaitu warna merah hitam dan kuning.

Rumah adat suku toraja di sulawesi selatan disebut. Rumah adat suku toraja juga dipengaruhi oleh dari kelas sosial mana penghuninya berasal. Admin blog sebutkan itu 2019 juga mengumpulkan gambar gambar lainnya terkait rumah adat suku toraja di sulawesi selatan disebut dibawah ini. Rumah yang disebut banua ini hanya dihuni masyarakat biasa.

Namun berbicara mengenai rumah adat toraja tentu kita perlu juga menyebutkan banua. Inilah yang dapat kami bagikan terkait rumah adat suku toraja di sulawesi selatan disebut. Material yang digunakan untuk membangun rumah tongkonan adalah kayu uru yang mudah didapatkan di sulawesi selatan.

Fungsi rumah adat tersebut sebagai tempat tinggal dan tempat upacara adat masyarakat di tana toraja. Jumlah populasinya kira kira sekitar 1 juta jiwa dan sekitar setengahnya masih tinggal di kabupaten toraja utara kabupaten tana toraja dan kabupaten mamasa. Rumah adat suku toraja atau rumah tongkonan terkenal dengan kemegahan segi arsitektural diantara kesan tradisional yang kuat.

Agama yang dianut mayoritas agama kristen dan sebagian lainnya menganut islam dan kepercayaan animisme yang dikenal sebagai aluk to dolo. Rumah adat sulawesi selatan suku toraja atau masyarakat daerah tersebut menyebutnya tongkonan. Foto rumah adat suku toraja atau rumah tongkonan dan keterangannya seringkali kita jumpai di berbagai media.

Suku ini mendiami provinsi sulawesi selatan terutama di bagian pegunungan sebelah utara dengan populasi sekitar 1 juta jiwa. Berbicara masyarakat setempat sulawesi selatan dikenal sebagai tempat tinggal suku toraja. Rumah adat toraja suku toraja adalah salah satu etnis asli nusantara yang terkenal dengan metode pemakanannya yaitu rambu solo.

Suku toraja adalah suku yang menetap di pegunungan bagian utara sulawesi selatan indonesia tepatnya di kabupaten tana toraja kabupaten toraja utara dan kabupaten mamasa. Oleh karena arsitekturnya yang menarik tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat toraja. Sedangkan tongkonan sendiri merupakan rumah yang khusus dihuni kaum bangsawan suku toraja.

Meski masih ada beberapa suku lain yang tinggal di wilayah ini tapi suku toraja lebih dominan. Rumah dan pakaian adat toraja kata toraja diperoleh dari bahasa bugis yaitu to riaja yang artinya adalah orang yang berdiam di negeri atas. Tongkonan adalah rumah adat yang berasal dari suku toraja.

Selain suku bugis makassar dan toraja di sulawesi selatan juga terdapat suku suku bangsa lain. Sekitar setengah dari populasinya bertempat tinggal di kabupaten tana toraja. Suku ini menetap di pegunungan bagian utara provinsi sulawesi selatan.

Suku suku ini jumlahnya cukup banyak meskipun populasinya tidak sebesar suku bugis makassar dan toraja.

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Serta Penjelasannya Tambah Pinter

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Bugis Mandar Makassar Toraja Luwuk

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Yang Kental Akan Sejarah

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Selatan Tongkonan Pewarta Nusantara

5 Rumah Adat Sulawesi Selatan Yang Kaya Akan Filosofi Budaya

K9poxa8a1b2yom

Unik Dan Kaya Dengan Filosofi 5 Rumah Adat Suku Di Sulawesi Selatan Luwu Dengan Tongkonannya Jurnal Palopo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *