Rumah Adat Sumatera Timur

Nusa tenggara timur ntt dengan ibu kota kupang sebenarnya memiliki berbagai rumah adat yang unik dan khas. Ciri khas rumah adat ini adalah mempunyai corak ornamen suku dayak timur yang terdapat pada bagian bagian sisi rumah.

Rumah Adat Indonesia Jawa Timur Carak Us Desain Rumah Rumah Kayu Desain

Rumah adat jawa timur.

Rumah Adat Sumatera Timur. Rumah adat sumatera yang keempat adalah rumah adat sumatera selatan atau rumah limas. Rumah adat ini dibangun oleh suku asli kalimantan yaitu suku daya timur. Rumah lilmas adalah salah satu rumah adat yang berukuran besar karena luasnya bisa mencapai 400 sampai 1000 meter persegi.

Nama rumah adat jawa timur adalah nama rumah adat sumatera barat nama tarian adat jawa timur pakaian adat daerah papua pakaian adat dari daerah papua adalah pakaian adat jatim. Rumah adat batak suku batak berasal dari etnis yang mendiami pantai barat dan pantai timur provinsi sumatera utara. Rumah adat lamin merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan timur.

Namun saat ini mereka sudah tersebar di berbagai kawasan di sumatera utara. Rumah adat bolon merupakan rumah khas suku batak yang mana berasal dari sumatra utara. Sebagai sebuah rumah ia bangga dengan pajangan arsitektur tradisional yang indah di setiap daerah yang masing masing mencerminkan keragaman pengaruh.

Rumah adat jawa timur dan keterangannya selanjutnya adalah rumah adat suku tengger yang dibangun masyarakat suku tengger di lereng gunung bromo desa ranupane kabupaten lumajang jawa timur. 35 rumah adat indonesia yang luar biasa anda akan terpesona dari sabang di ujung barat sumatera hingga merauke di timur papua indonesia adalah rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis dan memiliki sekitar 1 340 suku. Seperti namanya rumah ini memiliki bangunan yang berbentuk seperti bangun limas.

Untuk struktur tersusun dari papan atau batang kayu. Namun selama ini hanya rumah adat ntt bernama mbaru niang di kawasan wae rebo yang terekspos menjadi tujuan wisata selain labuan bajo. Ciri utama dari rumah adat jawa timur ini tidak bertingkat dan bukan jenis rumah panggang.

Rumah adat betang ini juga besar tapi tidak sebesar rumah kalimantan timur. Beberapa nama raja tersebut adalah raja nagaraja raja atian raja mogam dan lainnya. Suku batak terbagi menjadi 6 sub suku dimana yang paling dikenal adalah suku batak toba.

Ukurannya setengah dari ukuran rumah adat lamin yaitu 150 meter x 30 meter x 3 5 meter yang dapat menampung 150 orang. Rumah lamin ini juga merupakan rumah adat terbesar di indonesia. Maka rumah tradisional betang bisa diposisikan sebagai rumah tradisional nomor dua terbesar yang ada di indonesia setelah rumah lamin.

Ada beberapa jenis yang dimiliki oleh rumah tradisional sumut ini. Jenis ciri khas dan keunikannya joglo pada tempo sebelumnya dibangun guna menunjukkan strata atau status sosial tertentu dalam masyaraka. Dulunya rumah adat sumatera utara merupakan tempat tinggal 13 raja yang berdomisili di sumatra utara.

Sejarah Seni Budaya Rumah Adat Dari 33 Propinsi Di Indonesia

House Of Gadang Rumah Gadang A Traditional House From West Sumatera Indonesia Took This Photo In Tebing Tinggi West Sumatera Desain Rumah Rumah Desain

21 Gambar Rumah Adat Joglo Rumah Ide Dekorasi Rumah Gaya Arsitektur

37 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan

2020 Rumah Adat Oku Timur Akan Dibangun Di Jakabaring Palpres

5 Keunikan Rumah Adat Padang Yang Menakjubkan

45 Rumah Adat Di Indonesia Gambar Penjelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *