Rumah Adat Sumatera Utara Adalah

Namun seiring berkembangnya zaman rumah ini menjadi tempat tinggal bagi penduduk suku batak secara umum. Nyero id selain menjadi kekayaan dan warisan budaya rumah adat juga sekaligus sebagai identitas setiap suku atau etnis yang mendiami suatu wilayah.

Rumah Bolon Kawan Emco Setiap Daerah Di Indonesia Punya Bentuk Tempat Tinggal Yang Unik Salah Satunya Adalah Rumah Bolon Mi Rumah Besar Danau Toba Indonesia

Seperti yang telah diketahui bersama di sumatera utara terdapat keanekaragaman suku dan budaya yang berpengaruh pada bentuk dan gaya arsitektur rumah adatnya.

Rumah adat sumatera utara adalah. Bentuknya persegi panjang dan dapat menampung lima sampai enam keluarga. Masing masing memiliki kebudayaan yang berbeda dan keunikan masing masing. Raja raja tersebut adalah tuan ranjinman tuan nagaraja tuan batiran tuan bakkaraja tuan baringin.

Pada zaman dahulu kala rumah bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di sumatra utara. Gambar rumah adat bolon via sportourism id. Rumah adat sumatera utara terbagi atas beberapa ruang.

Rumah adat melayu yang berada di sumatera utara bisa dijumpai di kota medan kabupaten langkat kabupaten deli serdang kabupaten batu bara kabupaten tebing tinggi kabupaten serdang begadai sergei dan kabupaten labuhan. Rumah ini memiliki beberapa jenis yaitu rumah bolon toba simalungun karo mandailing pakpak dan angkola. Rumah ini berasal dari daerah sumatera utara dan menjadi simbol dari identitas masyarakat batak yang tinggal disana.

Perancang dari rumah bolon adalah arsitektur kuno simalungun. Rumah adat bolon ini sekaligus menjadi simbol status sosial masyarakat batak yang tinggal di sumatera utara. Dilihat dari bentuknya rumah adat ini berbentuk persegi panjang termasuk kategori rumah panggung.

Merupakan ruang khusus untuk kepala keluarga. Suku melayu tersebut mempunyai andil yang sangat penting dalam medan yang sebagai kota terbesar ketiga yang ada di indonesia. Berikut beberapa jenis atau macam rumah adat bolon sumatera utara.

Berdasarkan bentuknya rumah adat bolon dibagi menjadi dua bagian yaitu rumah bolon toba yang sering dijumpai biasanya cukup besar sehingga banyak dimiliki oleh orang yang mampu saja. Dulu rumah adat bolon ditinggali para raja di sumatera utara. Rumah adat sumatra utara diantaranya rumah adat karo mandailing nias bolon melayu serta pakpak.

Fungsi rumah adat sumatera utara. Rumah adat sumatera utara suku batak mempunyai beberapa rumah adat. Pada masa silam rumah adat bolon merupakan rumah kediaman 13 raja raja batak.

Rumah adat bolon yang ada di provinsi sumatera utara ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara. Setiap rumah mempunyai ciri khas masing masing. Seperti pada rumah adat sumatera utara yang akan dibahas pada ulasan berikut ini.

Ada sekitar 13 kerajaan yang silih berganti menempati rumah bolon. 13 raja tersebut adalah raja ranjinman raja nagaraja raja batiran raja bakkaraja raja baringin raja bonabatu raja rajaulan raja atian raja hormabulan raja raondop raja rahalim raja karel tanjung dan raja mogam.

Rumah Adat Toba Sumatera Utara Vernacular Architecture Unique House Design Architecture

Aceh House Indonesia Architektur Indonesien Fotograf

Pin On Finals

Traditional House Of Karo North Sumatra Arsitektur Bangunan Indonesia

Rumah Adat Kota Palembang Sumatera Selatan Desain Kota Palembang Indonesia

21 Gambar Rumah Adat Joglo Rumah Ide Dekorasi Rumah Gaya Arsitektur

21 Gambar Rumah Adat Sumatera Utara Di 2020 Desain Produk Rumah Desain Arsitektur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *