Rumah Adat Tradisional

Fungsinya sama sama bukan untuk tempat tinggal melainkan tempat musyawarah ataupun rapat untuk kepentingan warga. Konon semakin tinggi derajat seseorang di masyarakat tersebut ia akan memiliki rumah selaso jatuh kembar yang makin besar.

Rumah Adat Toba Sumatera Utara Vernacular Architecture Unique House Design Architecture

Karena di beberapa daerah sangat di sayangkan rumah adat tradisional ini tidak terawat dengan baik.

Rumah adat tradisional. Itulah penjelasan tentang rumah daerah sumatera barat yang dirangkum dari beberapa sumber seperti wikipedia semoga bermanfaat. Nama rumah adat bali yang pertama kita bahas adalah angkul angkul dengan bentuk yang sangat unik. Rumah adat ini terlihat sangat mewah dan besar.

Salah satu adat istiadat yang sampai sekarang masih lestari di negara indonesia adalah rumah adat. Jika diperhatikan masing masing rumah adat memang umumnya mempunyai pintu utama berupa gapura dengan atap yang artistik dan model tradisional seperti candi yang ada di bagian kiri dan kanan. Beberapa jenis rumah adat di indonesia tersebut antara lain rumah bolon toba bolon mandailing bolon simalungun bolon pakpak bolon karo bolon angkola.

Rumah tradisional yang ada di tanah sunda merupakan rumah adat suku sunda yang memiliki keunikan seperti rumah adat lainnya. Rumah adat joglo jawa tengah 42 bentuk arsitektur rumah ini sangat unik dan sarat akan nilai nilai kebudayaan masyarakat jawa. Dibangun dari kayu jati menjadikan struktur rumah ini tahan lama dan juga kuat.

Ada bagian persilangan di atap yang biasa disebut sulo bayung. Gaya rumah adat suku sunda bentuknya berupa rumah panggung. Selain rumah adat masyarakat minangkabau juga memiliki berbagai adat lain mulai dari tari tarian makanan hingga pakaian tradisional yang melegenda.

Oleh karena itu sebagai generasi muda kita harus melestarikan dan merawat rumah rumah adat yang ada di indonesia. Rumah adat betawi ini memiliki nilai filosofis seperti namanya yakni kebaya karena konstruksi bangunan memang terlihat seperti kebaya. Dari sabang sampai merauke terdapat rumah adat yang memiliki desain bangunan berbeda beda.

Rumah adat dan asalnya rumah adat di indonesia merupakan peninggalan yang harus kita jaga. Beberapa macam nama yang dimiliki oleh rumah ini antara lain balairung sari balai kerapatan balai pengobatan dan lainnya. Tujuan dibuatnya rumah panggung ini adalah supaya bagian kolong rumahnya bisa dipakai untuk menanggulangi banjir jika kebetulan terjadi bencana banjir.

Bagian atapnya yang membentuk huruf a 2 tingkat. Masing masing rumah tersebut sebetulnya memiliki ciri khasnya tersendiri. Bangunan ini juga memiliki arsitektur unik yaitu berbentuk persegi panjang dengan atap rumah dibuat tinggi.

Rumah tradisional kepulauan riau sama dengan rumah tradisional riau yaitu rumah adat selaso jatuh kembar. Rumah adat indonesia sebagai masyarakat indonesia tentu kita mengetahui bahwa negara kita tercinta ini memiliki berbagai adat dan budaya yang sangat menakjubkan dan tidak pernah dijumpai di negara lain. Apabila dilihat dari arah samping maka akan terlihat seperti lipatan kebaya ditambah lagi kebaya merupakan kain tradisional betawi yang hingga saat ini masih dipakai dalam beberapa upacara adat.

Ciri khas dari rumah adat melayu ini adalah.

21 Gambar Rumah Adat Joglo Rumah Ide Dekorasi Rumah Gaya Arsitektur

5 Karakteristik Rumah Adat Padang Lengkap Dengan Gambar Minangkabau Gaya Arsitektur Indonesia

40 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Yang Beragam Desain Rumah Rumah Kayu Arsitektur

Rumah Minimalis Co Id Arsitektur Desain Rumah Desain Arsitektur

21 Gambar Rumah Adat Arsitektur Vernakular Arsitektur Arsitek

Rumah Adat Solo Rumah Arsitektur Bali

Ciri Ciri Umum Arsitektur Rumah Tradisional Nusantara Arsitektur Vernakular Arsitektur Presentasi Arsitektur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *