Si Pintar Aplikasi PIP Manajer Besutan Kemendikbud

Si Pintar Aplikasi PIP Manajer Besutan Kemendikbud

Infogtk.org – Program Indonesia Pintar atau dikenal dengan istia PIP salah satu program besutan kemendikbud yang merupakan program beasiswa yang dirancang untuk membantu anak-anak diusia sekolah dari beberapa kategori keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap untuk mendapatkan layanan beasiswa pendidikan sampai tamat dari sekolah dasar sampai sekolah menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) baik pendidikan non formal (Paket A sampai Paket C serta kursus terstandar).

Merupakan bagian Program kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Agama yang memprioritaskan bagi anak usia sekolah yang termasuk yatim piatu, penyandang disabilitas, serta korban bencana/musibah. Program ini  dirancang guna membantu anak-anak usia sekolah agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.

Bantuan yang akan diterima yakni berupa dana dengan besaran yang telah ditentukan sesuai tingkatan pendidikan sebagai berikut.

  • Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;
  • Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;
  • Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun

Melalui Program Indonesia pintar (PIP) ini pemerintah diharapkan dapat mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan agar program PIP ini mampu menarik siswa/siswi dari putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya dari mulai sekolah dasar sampai sekolah menengah. PIP juga diharapkan dapat mampu meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Baca Juga : 7 Hal Yang Wajib Anda Ketahui Tentang PIP

Untuk mengetahui  data Penerima PIP SD, PIP SMA  dan PIP SMK  untuk masing-masing sekolah, Direktorat teknis telah melakukan pengembangan Aplikasi Manajemen PIP untuk memudahkan sekolah untuk dapat mengakses data penerima PIP dari sekolah masing-masing, sehingga di harapkan mampu  mempercepat proses Penyaluran PIP kepenerima bantuan. Si Pintar merupakan Aplikasi PIP Manajer Besutan Kemendikbud yang diperuntuk untuk semua pengelola dari berbagai element terkait yang digunakan guna memantuan Program Indonesia Pintar.

Login Aplikasi Si Pintar PIP Manager

  1. Akses laman Si Pintar melalui laman resmi https://pip.kemdikbud.go.id/enterprise/session dalam layar tedapat beberapa akses login yang diperuntuk untuk masing-masing pihak, mulai dari pihak Dinas Propinsi, Dinas Kabupaten/Kota, Sekolah, Kemendikbud, dan Pengelola. Disini admin mempunyai akses login sebagai Sekolah.

Si Pintar Aplikasi PIP Manajer Besutan Kemendikbud

2. Setelah memilih akses login sebagai Sekolah, maka akan tampil 2 akses menggunakan Login NPSN dan Login SSO Dapodik

Aplikasi PIP Kemendikbud

3. Dalam contoh admin mencoba login meggunakan akses Login NPSN, setelah mengisi username manggunakan NPSN dan Pasword Dapodik kemudin klik Login

Login PIP Kemendikbud

4. Jika berhasil login, akan diarahkan kedalam menu managemen pengguna yang baru

Dasbord Aplikasi PIP Kemendikbud

Didalam dasbord menu pihak sekolah dapat melihat secara terperinci menu-menu yang disajikan guna memudahkan pengecekan pelaporan serta pemantauan proses pencairan PIP pada daftar siswa yang namnya tercantum dala SK Penerima.

Adapun menu yang tertera adalah sebagai berikut:

  • Beranda : Tampilan muka aplikasi
  • Siswa : Berisi data penerima Program Indonesia Pintar dari beberapa tahun sebelumnya hingga tahun yang sedang berjalan
  • File SK : Berisi data SK penerima Program Indonesia Pintar dari beberapa tahun sebelumnya hingga tahun yang sedang berjalan
  • Upload Identitas File Siswa : Berisi menu pelaporan bagi siswa penerima Program Indonesia Pintar dengan melampirkan dokument (File Halaman Pertama Tabungan, File Halaman Mutasi Terakhir Tabungan, File Identitas Siswa (KIA/KTP/Kartu Keluarga/Rapor) – Asli (lebih utama) atau Fotokopi). Dokument tersebut disiapkan oleh pengelola untuk kemudian di upload sebagai bahan laporan sekolah.
  • Other

Dengan hadirnya tampiilan baru ini diharapakan pihak sekolah dalam hal ini Operator Sekolah atau bagian yang menangani PIP ini dapat memudahkan segala aktifitas dari kegiatan program ini.

Demikian informasi singkat yang dapat admin Info GTK uraikan terkait Si Pintar Aplikasi PIP Manajer Besutan Kemendikbud, untuk uraian mendalam tentang fitur-fitur yang ada didalam dasbord menu akan diupdate pada sesi berikutnya. Semoga bermanfaat.

Share This Post

Post Comment