SIM PKB

SIM PKB

infogtk.org – Sahabat Info GTK seperti diketahui bersama bahwa SIM PKB (simpkb) atau SIM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian (dan) Berkelanjutan (SIMPKB). Diusung oleh Ditjen GTK  yang merupakan bentuk program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kopetensi kepada guru, khususnya untuk mengembangkan keterampilan intruksional dan pengetahuan terhadap konten pembelanjaran yang diampuh oleh para guru tersebut.

Adapun pengertian dari PKB atau Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ialah Proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (KBM) dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kompetensi guru dalam melaksanakan tugas profesinya. Sehingga bisa menjadi kendaraan utama dalam upaya untuk membawa guru pada perubahan yang diinginkan, yakni pengembangan profesi.

Dimulai pada tahun 2017 Ditjen GTK telah mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan bentuk kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru yang pelaksanaan terintegrasi dalam SIM PKB guru pembelajar.

Alhasil hingga saat ini program SIM PKB menjadi pintu gerbang utama untuk Login Pretest dan Posttest PKB, Pretest PPG, cek SKTP Tunjangan Sertifikasi dan Cek Hasil Pretes PPG. Saat ini juga sim pkb (simpkb) menjadi program yang wajib diikuti oleh seluruh guru di Indonesia.

Langkah Login SIM PKB 2020

  • Akses ke laman resmi https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/login
  • Masukkan email dan isi password yang diberikan oleh dinas pendidikan atau bisa melalui ketua MGMP masing-masing
  • Jika sudah, tinggal klik login.
  • Jika proses login berhasil akan dibawa ke laman akun SIM PKB Anda

Bagaimana Jika Belum Punya Akun SIM PKB?

Untuk login ke laman SIMPKB sudah barang tentu Bapak/ Ibu harus terlebih dahulu wajib memiliki akunnya, bagi yang belum memiliki akun silahkan register terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:

Catatan:

Jika registrasi gagal/tidak berhasil, silahkan menghubungi Admin Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di Dinas Pendidikan Kab/ Kota setempat atau Admin P4TK atau Ketua MGMP/ KKG/ GUGUSTK di wilayah kerja masing-masing, untuk meminta reset CETAK AKUN Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan alternatif lainnya.

Cara Cek No. UKG (SIM PKB – Pencarian Data GTK)

Langkah ini dilakukan jika Bapak/Ibu tidak mengetahui No. UKG dikarenakan lupa atau sebagaimanya

Baca Juga : Cara Update Data SIM PKB

Bagaimana Jika Gagal Login SIM PKB 2020?

Mungkin beberapa pengguna mengalami kegagalan saat mengakses laman SIM PKB ini, umunya bentuk kegagalan ini terjadi karena pengguna lupa dengan password yang dimiliknya, maka langkah untuk mengatasinya, Anda bisa menekan tombol “lupa password” hal ini dilakukan jika Anda masih memiliki email aktif yang didaftarkan di profil GTK.

  • Klik laman https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/casgpo/user/password
  • Masukkem Email yang terdaftar di SIM PKB
  • Klik/Ketik Captcha “I’m not a robot”
  • Klik Submit
  • Sistem akan mengirim reset password ke email yang Anda infut
  • Jika Anda mengalami masalah lainnya dan kendala lainnya bisa langsung berkoordinasi dengan operator/ketua MGMP sekolah masing-masing bagian yang mengurusi SIMPKB.

Sebagai informasi tambahan umumnya Login SIM PKB banyak digunakan untuk keperluan cek Info GTK tahun 2020, namun untuk akses infogtk 2020 ini sudah bisa diakses melalui Aplikasi berbasis Android. Untuk dapat melakukan cek info GTK 2020 menggunakan aplikasi info gtk melalui Android bapak/ibu terlebih dahulu menginstal aplikasi info gtk yang dapat di download melalui play store menggunakan gadget

Harap berhati-hati dalam menginstall Aplikasi, karena banyak aplikasi serupa yang bukan resmi dari pihak Ditjen GTK

Berikut ini tampilan laman Aplikasi Androind Cek Info GTK 2020 yang resmi dari Dirjen GTK.

Info GTK Android

Para guru yang melakukan pengembangan profesi sudah pasti akan melibatkan serta meningkatkan kualitas pembelajarannya untuk menjadikan siswa-siswa memiliki pengetahuan yang lebih, memiliki ketrampilan lebih baik dan juga mampu menunjukkan pemahaman yang mendalam terkait materi ajar.

Demikian informasi yang dapat Admin uraikan terkait SIM PKB guru pembelajar, ada banyak manfaat di dalam aplikasi program ini mulai dari untuk pengecekan daftar peserta PPG 2020, peserta diklat PKP 2019 dan cek data Info GTK atau Cek status kevalidan SKTP Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Selamat mencoba, Semoga bermanfaat.

Share This Post

Post Comment