Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK 2020/2021

Nomor Unik Pendidikan dan Tenaga Kependidikan berisikan atas enam belas angka yang bersifat eksklusif dan tetap. GTK yang mempunyai NUPTK tidak akan berubah, kendati penggunanya sudah pindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian, maupun saat terjadi perubahan data lain.

Salah satu guru bisa di rekomendasikan untuk mendapatkan NUPTK dengan mencocokan data yang berkaitan untuk di input dengan benar, dan valid, lewat aplikasi dapodik yang telah disediakan.

Setelah melawati bagian verifikasi serta validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan. Bagi para GTK yang belum mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) akan ke di masukan ke sekolah induk GTK dengan system untuk diperlengkapi dokumen-dokumenya.

Kemudian, Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat melalui system aplikasi verval GTK akan di verifikasi, setelah lolos verifikasi oleh Disdik, kemudian system akan diverifikasi kembali oleh Ditjen GTK. Apabila seterusnya dinyatakan lulus verifikasi, maka PDSPK juga pasti menerbitkan NUPTK untuk para GTK itu.

Seperti yang saya ungkap di atas Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK Baru 2018/2019 baru baik bagi guru, dan tenaga kependidikan di sekolah formal ataupun non-formal. Maka pastikan data GTK yang telah di input oleh operator dapodik sekolah harus lengkap, benar serta valid. Supaya proses pengajuan NUPTK baru di verval PTK bisa berjalan dengan lancar tanpa ada suatu masalah apapun.

Pages ( 2 of 3 ):
« Previous1 2
3Next »

Gravatar Image
Media Informasi Seputar Dunia Pendidikan, Portal Media Bagi Para Guru dan Tenaga Kependiidkan. Berbagi Informasi Melalui Wadah infogtk.org

40 thoughts on “Syarat Untuk Mendapatkan NUPTK 2020/2021

  1. Apakah pengajuan nuptk harus linear dengan tingkat pendidikan yang diambil?
    Misalnya seorang guru TK yang hanya bergelar S.Pd apakah bisa mengajukan nuptk?
    Karena selama ini, terhalang oleh gelar pendidikan yang tidak linear dengan level pendidikan yang diambil…

    1. Syarat utama pengajuan NUPTK adalah mutlak memiliki ijazah S1, adapaun tidak linear ijazah saat ini bukan menjadi sarat utama dalam pengajuannya

    1. Syarat utama pengajuan NUPTK adalah mutlak memiliki ijazah S1 dan SK Kepala Dinas bagi negeri, SK GTY bagi yayasan, untuk masa kerja belum menjadi kebijakan inti

  2. Bagaimana dengan ijazah SD? ijazah SD sya bermslh, sya dulu pernh mnambahkan satu huruf pda nama di ijazah saya, dan saya cuma punya punya surat pernyataan yg ditandatangani saya dn kepala sekolah. apakah nanti surat pernyataan itu harus sya upload juga?

  3. kalau ijazah SMA nya hilang bagaimana? atau bisa dengan fotocopy ijazah SMA yang telah dilegalisir sekolah bersangkutan?

  4. kenapa d2 pgmi bisa dapat NUPTK dan Kenapa Kepala sekolah dengan kualifikasi s1 ditolak lpmp/bppaud sk nya tidak sesuai dengan tugas kepala sekolah

  5. Mohon petunjuk , klo sy mengajar 2 mapel . Yg di upload itu mapel yg liter saja atau kedua duanya ..dan untuk syarat nuptk apakah harus 24 jam liter? Terimakasih

  6. Saya tenaga perpustakaan sudah menghonor dari tahun 2011 tamatan saya smk apakah bisa saya mengajukan NUPTK.. saya mau kuliah belum ada biaya karna honor jd tenaga kependidikan tidak cukup buat boaya kuliah.. ??

  7. Assalamualaikum….mau tanya, apakah honor sekolah bisa mengajukan NUPTK?? Atau hanya utk yg honor daerah dan CPNS/PNS saja??
    Terimakasih

  8. Selamat siang,,,, saya sudah mengajukan NUPTK dari tahun kemarin bulan 11,tapi sampai saat inibelum juga keluar, dalam keterangan pengajuan statusnya masih antrian di LPMP/BPPAUD.
    bagaimna solusinya supaya NUPTK segera keluar?

  9. Selamat sore….klo skrg NUPTK d prioritaskan utk guru,..Bgmn utk tendik yg sdh pnya NUPTK meski TDK lulusan S1?,msh bergunakah

  10. Mohon dijawab, saya mengajar sejak 2013 sampai 2021 namun belum berstatus GTY, pertanyaan saya apakah ada cara lain untuk pengajuan NUPTK bagi guru yg belum berstatus GTY? Trimakasih.

  11. Surat Penugasan dari thn berapa ya kalu misalkan kita mengajuakn di Thn sekrng 2021/2022?

  12. Saya Guru Swasta di Bekasi,
    Saya ingin menanyakan perihal pembuatan NUPTK khususnya untuk sekolah swasta.
    Saya sudah bekerja di sekolah swasta selama 4 tahun dan status saya masih menjadi guru kontrak, nama saya pun sudah terdaftar di dapodik juga saya punya SIMPKB.
    Sampai saat ini saya terhambat punya NUPTK dikrenakan status saya yang masih menjadi guru kontrak full time (sekolah tempat saya bekerja ini memang sangat sulit mengangkat karyawan tetap apalagi mengeluarkan SK tetap) Saya mau tanya apakah ada cara lain bagi guru swasta seperti saya yang terhambat punya NUPTK dikarenakan sekolah/yayasan saya tidak mau mengangkat saya sebagai guru tetap ( padahal saya sudah mengabdi selama 4 tahun di sekolah tsb) .Mengingat untuk persyaratan punya NUPTK adalah Harus ada SK Pegawai Tetap dari Yayasan, jika kondisinya seperti itu apakah ada cara lain agar saya bisa punya NUPTK tanpa ada SK GTY dari yayasan?? Trimakasih

  13. Saya guru kontrak di sekolah swasta sudah 4 tahun dan masih berlanjut, saya juga terdaftar di dapodik, meiliki SIMPKB juga. Namun kendal saya adalah yayasan sekolah saya bekerja ini susah sekali mengangkat guru sebagai GTY bahkan ada yg sudah 7 tahun mengajar belum juga diangkat GTY. Saya ingin sekali punya NUPTK namun jika kondisi yayasan tsb sulit sekali mau mengangkat GTY bahkn seperti saya yg sudah mengabdi selama 4 tahun dan masih berlanjut, apakah ada cara lain untuk saya bisa punya NUPTK dikarenakan yaysan sekolah swasta tersebut tidak mau membantu gurunya.

  14. Untuk Operator Sekolah apakah bisa mengajukan NUPTK? Karena di calon penerima NUPTK muncul… dan harus berapa lama masa kerjanya?

  15. Pengajuan NUPTK non PNS Untuk syarat SK kepala dinas pendidikan apakah harus SK terbaru atau boleh menggunakan SK sebelumnya?

  16. Pengajuan NUPTK non PNS Untuk syarat SK kepala dinas pendidikan apakah harus SK terbaru atau boleh menggunakan SK sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *