Wanita Toraja Memakai Pakaian Adat Yang Disebut

Sampai saat ini penggunaan baju pokko masih tetap terjaga kelestariannya. Rumah dan pakaian adat toraja kata toraja diperoleh dari bahasa bugis yaitu to riaja yang artinya adalah orang yang berdiam di negeri atas.

Siger Pengantin Pria Adat Lampung Pepadun Pengantin Pria Pengantin Aksesoris

Kandore merupakan salah satu pakaian adat suku toraja sulawesi selatan yang digunakan oleh wanita.

Wanita toraja memakai pakaian adat yang disebut. Nampak pada gambar pakaian adat sulawesi barat di atas baju pokko didominasi oleh warna warna yang cerah dan mencolok seperti merah kuning dan hijau. Pakaian adat ini memiliki hiasan manik manik yang terletak di bagian dada ikat kepala ikat pinggang dan gelang. Wanita toraja memakai pakaian adat yang disebut baju pokko.

Pakaian ini berbeza dengan sepa tallung buku yang berukuran panjang. Pakaian adat toraja pokko. Suku ini menetap di pegunungan bagian utara provinsi sulawesi selatan.

Pakaian adat suku toraja wanita sumber. Baju adat ini terdiri dari atasan yang disebut lipa hinoru dengan bawahan roo mendaa dan tak lupa perhiasan dari emas. Rombongan toraja membunyikan alat musik khas mereka pa pompang namanya.

Unik bentuknya unik pula bunyinya. Baju pokko merupakan nama pakaian adat sulawesi barat dari suku toraja yang diperuntukkan bagi wanita. Warna pokok yang biasa dipakai adalah putih kuning merah hitam atau hijau.

Keunikan pakaian adat sulawesi selatan ini karena berlengan pendek dipadukan dengan bagian bawah dengan warna senada. Untuk baju adat wanita suku tolaki menyebutnya dengan babu nggawi. Pakaian ini dipakai oleh wanita asal suku toraja terutama penari atau wanita yang datang di acara adat toraja.

Wanita toraja memakai pakaian adat yang disebut baju pokko. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Jumlah populasinya kira kira sekitar 1 juta jiwa dan sekitar setengahnya masih tinggal di kabupaten toraja utara kabupaten tana toraja dan kabupaten mamasa.

Pakaian adat ini dipakai oleh wanita toraja. Pada pakaian adat toraja pokko bentuk bajunya mempunyai lengan pendek yang didominasi oleh warna merah putih dan kuning. Dari mulai corak khas yang memadukan gaya ketimuran dengan warga setempat kombinasi antar elemen hingga penggunaannya.

Biasanya pakaian ini digunakan untuk acara acara penting seperti kegiatan kebudayaan hari besar dan upacara adat. Toraja memang punya beragam pakaian adat yang unik sama populernya dengan keseluruhan bagian budaya suku ini. Rombongan laki laki menggunakan pakaian adat yang disebut seppa tallung buku.

Rombongan toraja membunyikan alat musik khas mereka pa pompang namanya. Unik bentuknya unik pula bunyinya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung.

Pakaian tersebut merupakan pakaian yang didaulat sebagai baju adat nasional untuk provinsi sulawesi tenggara. Rombongan laki laki menggunakan pakaian adat yang disebut seppa tallung buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *